Sensus Penduduk Online Belum Diminati

0
472
Sensus Penduduk Online Belum Diminati
Gambar istimewa sensus penduduk online 9Sumber gambar: Google)
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Petugas sensus penduduk harus bekerja lebih keras. Itu karena jumlah warga yang melakukan sensus penduduk secara online masih minim.

Badan Pusat Statistik (BPS) dalam sensus penduduk (SP) kali ini mulai menerapkan SP online. Yang membutuhkan sikap proaktif masyarakat untuk terlibat dalam sensus. Melalui SP online, penduduk bisa melaksanakan sensus secara mandiri dengan mengakses laman sensus.bps.go.id. Tahapan ini digelar sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang. Namun jumlah partisipan SP online masih minim. Hingga Selasa (3/3/2020), terdapat kurang dari satu persen responden SP di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Kepala Seksie Statistik Sosial BPS Kabupaten Bolmong Riki Pinontoan menuturkan, rendahnya responden disebabkan karena SP online masih menjadi hal baru bagi masyarakat. 

“Partisipasi SP online rendah karena ini masih jadi hal baru. Tingkat responden sampai saat ini baru satu persen,” ujarnya.

Mengantisipasi peristiwa ini BPS Bolmong membuka SP secara kordner di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatab Sipil (Disdukcapil).

“Ini dilakukan karena kurang peminat SP online. Bagi pengunjung yang datang kekantornya akan mendapatkan pelayanan pengisian data penduduk secara online oleh BPS dan Disdukcapil,” ujarnya.

Iswan membeberkan, berdasarkan hasil evaluasi partisipasi masyarakat kabupaten Bolmong yang menggunakan sensus penduduk secara online masih sangat rendah di dibandingkan kabupaten/kota yang ada di sulawesi utara.

“Kalau dilihat dari hasil evaluasi, masyarakat Bolmong paling rendah menggunakan SP secara Online,” ucapnya.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here