Gubernur Sulut Simak Pidato Jokowi di Rakornas Investasi 2019

0
162
Gubernur Sulut Simak Pidato Jokowi di Rakornas Investasi 2019
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE saat bersalaman dengan Presiden Jokowi di Rakornas Investasi 2019, gedung ICE Tangerang Selatan, Banten, Selasa (12/3/2019) /Foto: Hms Prov.Sulut

BOLMORA.COM, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2019 di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang Selatan, Banten, Selasa (12/3/2019) siang.

Dengan mengenakan batik lengan panjang berwarna merah, Olly duduk di barisan bangku peserta paling depan bersama Presiden Joko Widodo, Kepala BKPM Thomas Lembong dan seluruh gubernur se Indonesia.

Olly, terlihat serius memperhatikan pidato Jokowi saat menyampaikan pemaparan tentang pasar rakyat berbasis online. Jokowi meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera membangun pasar-pasar rakyat berbasis online. Ia mengatakan Pasar online nantinya akan menjadi sebuah marketplace bagi masyarakat.

Ia juga meminta Kemendag untuk memperbaiki pasar rakyat konvensional yang ada di seluruh wilayah Rupublik Indonesia.

“Ekosistem offline diperbaiki, tetapi disiapkan ekosistem online. Sehingga pasar rakyat memiliki marketplace, memiliki platform,”ujar Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan, bahwa dirinya kerap mendapat keluhan dari sejumlah pedagang pasar, mengenai keberadaan platform jual-beli online. Sehingganya Ia mengingatkan agar semua pihak bisa merespons perkembangan teknologi ini dengan cepat.

Seperti yang terjadi di China, banyak mal-mal yang tutup karena kalah bersaing dengan toko online. Oleh karna itu, Jokowi juga tak ingin pasar-pasar rakyat di Indonesia tutup karena tak siap bersaing dengan toko berbasis online.

“Sekali lagi siapkan yang namanya ekosistem offline, siapkan yang namanya ekosistem online-nya,”ungkap Jokowi.

Jokowi juga menghimbau, agar kepala daerah juga turut membantu para pedagang, mulai dari membuat produk, packaging, branding, hingga labeling. Dengan begitu produk tersebut akan dilirik oleh para konsumen.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengajak seluruh pihak untuk dapat bekerja sama dalam menciptakan pasar rakyat berbasis online. Menurutnya, bila secara nasional bisa tercipta pasar rakyat berbasis online, maka ke depan akan bisa disambung ke marketplace global.

“Kalau nasionalnya sudah ketemu bisa sambungkan lagi ke marketplace global,” imbuh Jokowi.

(Hms/*Wndy)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here