Serahkan Pagu ADD dan Dandes, Bupati Minta Administrasi Pemdes Diperhatikan

0
Serahkan Pagu ADD dan Dandes, Bupati Minta Administrasi Pemdes Diperhatikan
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, saat memberikan arahan kepada para kepala desa
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL – Bertempat di lapangan futsal, kompleks perkantoran Panango, Bupati Iskandar Kamaru, secara langsung menyerahkan Pagu Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Deda (Dandes) Tahun 2022, kepada seluruh kepala desa (Sangadi, red) se-Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Kegiatan yang digelar Rabu (5/1/2022) ini, juga dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan atas partisipasi dalam Festival Maleo Pemkab Bolsel.

Dalam arahannya Bupati Iskandar Kamaru, menyampaikan kepada para kepala desa harus memperhatikan administrasi dalam penyelenggaraan program pemerintahan. 

“Apabila ada pelaksanaan program pembangunan pemerintah yang tidak sesuai ketentuan, maka laporkan secara resmi ke pemerintah daerah. Agar dapat segera diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Ditegaskan pula, seluruh kepala desa harus segera menyusun APBDes tahun 2022 paling lambat pekan ini, dalan langsung ditetapkan dalam musyawarah desa, dengan berpedoman pada perundangan yang ada.

“Segera laksanakan Musrenbang Desa selambat-lambatnya minggu kedua bulan ini,” imbuh Iskandar.

Bupati periode kedua pilihan masyarakat Bolsel ini juga meminta agar ADD dan Dandes dikelola sebaik mungkin, untuk menghindari penyalahgunaan yang berisiko hukum.

“Untuk kepala Dinas PMD, para camat dan kepala desa dituntut saling berkolaborasi. Agar Kabupaten Bolsel menjadi daerah yg terbaik dalam pengelolaan ADD dan Dandes,” tegasnya. 

Khusus kepada para camat dan kepala desa, supaya dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan kegiatan di tengah masyarakat. 

“Selalu berkoordinasi dengan para pihak keamanan baik bhabinkamtibmas dan Babinsa yang ada di Desa-desa, untuk menjadi khatibmas setiap pelaksanaan kegiatan masyarakat,” jelas orang nomor satu di Bolsel ini. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Iskandar mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat untuk turut serta dalam mendukung program pemerintah, yaitu pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Bagi desa yang vaksinasi masih rendah agar segera melaporkan ke puskesmas, dan membuat vaksinasi massal di desa,” pungkasnya. 

Turut hadir, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, para Asisten Sekda, kepala OPD, camat dan kepala desa.

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here