Rekrutmen P3K Prioritaskan Tenaga Pendidikan

0
67
Rekrutmen P3K Prioritaskan Tenaga Pendidikan
Kabid Mutasi dan Kepegawaian, BKSDM Bolsel, Shandy Lamato

BOLMORA.COM, BOLSEL – Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), terlebih khusus para tenaga pengajar (guru,red). Pasalnya, pemerintah setempat akan segera membuka rekrutmen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) khusus untuk guru. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bolsel, melalui Kabid Mutasi dan Kepegawaian, Shandy Lamato, ketika dikonfirmasi, Rabu (13/1/2020).

Dikatakan, rekrutmen P3K kali ini dipelopori oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Di mana, rekrutmennya hanya khusus untuk tenaga pengajar formasi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

“Untuk jumlah yang diusulkan sekira ada 370-an tenaga guru. Hal itu sesuai data kebutuhan yang diajukan oleh DinasPendidikan Kabupaten Bolsel,” katanya. 

Untuk kesiapan daerah dalam pelaksanaan rekrutmen P3K, sejauh ini sudah sangat siap, baik untuk tempat maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan melaksanakannya.

“Tapi kita menunggu informasi apakah model rekrutmennya mengunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) atau Ujian Berbasis Komputer (UBK),” ujar Shandy.

Ia menyampaikan, jika nanti akan menggunakan sistem CAT, maka fasilitas di daerah sudah ada, walau dari jumlah unit yang berfungsi saat ini ada sekitar 30 unit saja.

“Jika mengunakan sistem UBK, maka akan difasilitasi dengan keberadaan sekolah yang memiliki fasilitas tersebut,” ungkapnya.

Kendati demikian, Shandy menyebut jika pihaknya belum dapat memastikan kapan tahapan rekrutmen ini dimulai. Namun, sebagaimana penyampaian Mendikbud, tahapannya akan dimulai Januari 2021 ini.

“Menginggat tahun ini akan ada rekrutmen CPNS juga, maka kemungkinan untuk P3K akan dilaksanakan sebelum tahapan rekrutmen CPNS,” jelasnya. 

Untuk saat ini pihaknya masih menunggu informasi resmi dari pemerintah pusat terkait jadwal tahapan rekrutmennya. 

“informasi soal jadwal tahapannya, sampai saat ini masih kita tunggu,” tutup Shandy. 

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here