BPKP Provinsi Sulut Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dandes di Bolmut

0
93
BPKP Provinsi Sulut Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dandes di Bolmut
Kepala Dinas PMD Bolmut Fadly T. Usup dan BPKD Bolmut Sirajudin Lasena

BOLMORA.COM, BOLMUT – Berdasarkan surat dengan Nomor: S-017/PW18/3/2019, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat, serta dalam rangka pengawasan efektivitas penggunaan Dana Desa (Dandes), Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan evaluasi atas penyaluran dan penggunaan Dandes Tahun 2019, dan sisa Dandes Tahun 2018 sampai dengan akhir triwulan IV Tahun 2019, dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Menanggapi surat tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolmut Fadly T. Usup, membenarkan bahwa tim evaluasi dari BPKP Provinsi Sulut, sebagaimana yang tercantum dalam surat tugas terlampir telah melakukan evaluasi penyaluran dan penggunaan Dandes Tahun 2019 dan sisa Dandes 2018.

“Evaluasi tersebut dilaksanakan secara uji petik terhadap empat desa yang dijadikan sampel atau contoh. Masing-masing Desa Tote Kecamatan Bolangitang Barat, Desa Inomunga Kecamatan Kaidipang, Desa Komus II Kecamatan Kaidipang dan Desa Batu Tajam Kecamatan Pinogaluman. Proses evaluasi telah berlangsung sejak tanggal 10 sampai dengan 23 Januari 2020,” jelas Fadly, via telpon, Kamis (16/1/2020).

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bolmut, Sirajudin Lasena, saat ditemui awak media di ruang kerjanya mengatakan, Dandes adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukkan bagi desa, yang ditransfer melalui anggaran belanja daerah kabupaten/kota. 

“Penggunaan Dandes diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan, yang dituangkan dalam Rencana Kerja PemerintahDesa,” paparnya.

Menurut dia, evaluasi dari BPKP Provinsi Sulut, perihal penyaluran dan penggunaan Dandes adalah agenda rutin setiap tahunnya.

“Untuk Dandes sisa yang tidak terpakai akan direalisasikan pada tahun berikutnya, berdasarkan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dengan memperhatikan regulasi, serta perundang-undangan yang berlaku,” punggkas Lasena.

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here