Bupati Pimpin Apel Bersama ASN Kantor Kecamatan dan Desa se-Kaidipang

0
816
Bupati Pimpin Apel Bersama ASN Kantor Kecamatan dan Desa se-Kaidipang
tampak bupati dan wakil bupati bersama jajaran saat menggelar apel bersama ASN di lingkup kecamatan dan desa di Kecamatan Kaidipang
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMUT – Dalam rangka penerapan tatanan normal baru masyarakat produktif dan aman Covid-19, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh, melakukan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Kaidipang.

Dalam kesempatan tersebut, bupati memimpin apel kerja bersama ASN di lingkup pemerintah kecamatan dan desa se-Kecamatan Kaidipang, yang bertempat di halaman kantor Camat Kaidipang, Selasa (16/06/2020).

“Tatanan normal baru mengharuskan kita meningkatkan kewaspadaan dalam beraktivitas, dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Karenanya, diimbau kepada para sangadi untuk segera mensosialisasikannya ke masyarakat, terkait persiapan pemerintah daerah dalam menghadapi pemberlakuan tatanan normal baru,” imbuh Depri.

Diminta juga kepada seluruh unsur pemerintahan di tingkat kecamatan harus dapat meningkatkan koordinasi terkait kebijakan pemerintah, pada tahapan pengurangan pembatasan sosial dan transisi penerapan tatanan normal baru secara efektif dan terintegrasi.

“Kepada seluruh ASN supaya memelihara hewan ternak dengan ketentuan bahwa, pejabat eselon II minimal memelihara 2 ekor sapi. Kemudian pejabat eselon II, IV, staf, guru, dan sangadi, masing-masing minimal memelihara 1 ekor sapi,” ujarnya.

Dalam upaya peningkatan hasil pertanian serta menjaga ketahanan pangan daerah, bupati dua periode ini mengajak ASN di lingkup kecamatan dan desa untuk menjadi agen perubahan atau pelopor gerakan pengembangan pertanian, dengan manfaatkan lahan pekarangan lahan kosong dan lahan terlantar.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat, terlebih ASN uagar berbelanja di warung. Ini dalam rangka menghidupkan kembali UMKM di Kabupaten Bolmut di tengah pandemi Covid 19,” pintanya.

Dijelaskan, sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesaia (Mendagri), untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kemarau pada semsetar 2 tahun 2020, maka diminta agar pemerintah daerah melakukan peningkatan kesiapsiagaan cadangan pangan.

“Untuk itu diimbau agar kiranya pemerintah desa melakukan kesiapsiagaan cadangan pangan, dengan mengaktifkan lumbung pangan warga,” tandas Depri.

Dia mengajak agar masyarakat gemar makan ikan. Karena, makan ikan bisa menigkatkan imunitas tubuh untuk menagkis wabah Covid-19, sebagaimana imbauan Menteri Kelautan dan Perikanan pada kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo Utara, bersama Badan Kerja Sama Utara-Utara beberapa waktu lalu.

Dikatakan pula, pada bulan Oktober 2020 nanti, ada 9 desa di Kecamatan Kaidipang yang akan berakhir masa jabatan sangadi.

“Nantinya, setalah masa jabatan dangadi berakhir, akan diisi oleh penjabat sangadi yang berasal dari ASN sampai dengan terpilihnya sangadi definitif. Itu sesuai dengan peraturan perundang undagan yang berlaku,” tarangnya.

Sebelum apel dilaksanakan, terlebiha dahulu dilakukan penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB-P2 dan DHKP Tahun 2020 kepada Camat Bolangitang Timur, dan Penyaluran BLT Dana Desa  (Dandes) Bulan Juni di wilayah Kecamatan Kaidipang.

“Harapan saya, dalam menjalankan aktivitas sehari-hari agar kita dapat menjaga kesehatan diri. Marilah kita bersatu padu, bahu membahu dan berikhtiar menghadapi tantangan yang sangat berat dalam mengantisipasi dan penanganan pandemi Covid-19, yang kita tahu bersama menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap aspek sosial dan ekonomi masyarakat di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” pungkas Depri.

Turut hadir, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, Sekertaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Hi. Leksi Talibo, para pimpinan SKPD, Camat Kaidipang, pejabat TNI/Polri, Kepala Puskesmas, KUA, para sangadi, BPD, Kepala Sekolah SMA, SMP, SD, SKB, dan tokoh-tokoh masyarakat.

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here