Wabup Imbau Penjabat Sangadi Laksanakan Tugas dengan Amanah, Ikhlas dan Penuh Tanggung jawab

0
297
Wabup Imbau Penjabat Sangadi Laksanakan Tugas dengan Amanah, Ikhlas dan Penuh Tanggungjawab
Wakil Bupati Amin Lasena saat memberikan arahan kepada Penjabat Sangadi.
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMUT — Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Amin Lasena M.A.P menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengesahan dan Pengangkatan Penjabat Sangadi di 8 Desa yang ada di lima Kecamatan.

Serah terima SK pengangkatan dari Bupati Bolmut berlangsung di Halaman Kantor Bupati Bolmut, Rabu (23/12/2020).

Pengangkatan Penjabat Sangadi yang berasal dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Bolmut ini dilakukan sesuai ketentuan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang pelaksanaan undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pada pasal (54) dan pasal (55). 

Dimana pasal tersebut menyebutkan kepala desa yang diberhentikan karena berakhir masa jabatannya, Bupati/walikota mengangkat Pegawai Negeri sipil dari pemerintah daerah kabupaten/kota sebagai penjabat kepala desa sampai terpilihnya kepala desa yang baru.

Wakil Bupati Bolmut mengatakan bahwa pengangkatan penjabat sangadi ini dilakukan semata mata agar kegiatan pemerintahan di desa tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

Dikatakan Wabup, hal ini merupakan Implementasi kebijakan dan apresiasi pemerintah daerah dan masyarakat untuk memberikan kepercayaan dan amanah kepada seorang penjabat yang dianggap pantas dan memenuhi kriteria berdasarkan pertimbagan lain, mengingat jabatan kepala desa adalah jabatan yang sangat strategis dalam pemerintah desa.

Wakil Bupati Bolmut juga menyampaikan kepada penjabat sangadi yang baru saja diserahkan SK-nya, agar melaksanakan amanah tersebut dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab untuk menata dan memajukan desa sampai ada sangadi yang baru. 

“Saya ingatkan bahwa, sebagai seorang penjabat sangadi harus menjadi figur teladan bagi masyarakat, baik dari sikap, tutur kata maupun tindakan. Sangadi juga sebagai seorang pemimpin administrasi pemerintah di tingkat desa, ” ujar wabup.

Ia menekankan kepada Pjs Sangadi harus mampu menjadi seorang pemimpin bagi seluruh perangkat desa dalam menyelenggarakan fungsi fungsi pemerintahan di wilayah, serta mampu mensukseskan program program pemerintahan secara umum dan melaporkan serta bertanggung jawabkan hasil pelaksanaan tugas tugas tersebut. 

“Untuk itu saya ucapkan selamat menunaikan tugas, dengan harapan apa yang menjadi tanggung jawab saudara semata-mata untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah pada umumnya, ” tutup wabup.

Turut Hadir Para Asisten Sekda Bolmut, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD Terkait, Para Camat Serta Sangadi. 

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here