Dinas Pendidikan Bolmong Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer

0
Dinas Pendidikan Bolmong Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer
Dinas Pendidikan Bolmong Gelar Simulasi Asesmen Berbasis Komputer
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Dinas Pendidikan (Dispen) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), melaksanakan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Kegiatan itu diikuti oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Passi Timur, yang dilaksanakan selama dua hari dan dipusatkan di SDN Insil, Kecamatan Passi Timur, (2-3 November 2021).

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Renti Mokoginta saat dikonfirmasi mengatakan, ANBK bertujuan untuk memperkenalkan kepada peserta didik terkait cara menggunakan chromebook atau perangkat komputer.

“Agar saat pelaksanaannya, peserta didik dapat menerapkan dengan lancar dan sukses,” jelas Renti.

Salah satu Kepala sekolah (Kepsek) SDN 3 Pangian, Ralfianto Tontuli yang mengikutkan siswa kelas 5 didiknya mengatakan, sangat mendukung pembelajaran dengan sistem komputer yang dilaksanakan.

“Ini sebagai upaya memperkenalkan soal ANBK yang diantaranya berupa soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar,” ucapnya.

Selain itu, Donald Jacob salah satu orang tua siswa kelas 5 yang mengikutkan anaknya pada kegiatan simulasi mengatakan, sangat mendukung pelaksanaan kegiatan itu.

“Sangat mendukung, sebab anak-anak sudah diperkenalkan dengan komputer sejak dini,” ungkapnya.

Diketahui, ANBK tersebut resmi menjadi pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serta perubahan evaluasi pembelajaran yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk program Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here