Advertorial

Pemkab Bolmong Ikuti Rakor Terbatas Pengadaan Vaksin Covid-19

BOLMORA.COM, BOLMONG – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yanny Ronny Tuuk, mengikuti rapat koordinasi (Rakor) terbatas pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi, dalam rangka penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) secara virtual melalui video conference (Vidcon), Senin (30/11/ 2020).

Dalam rapat yang digelar secara virtual tersebut, Wabup Yanny didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Erman Paputungan.

Rapat kali ini guna menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres RI) Nomor: 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi, dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19, serta untuk memberikan dukungan dan fasilitas dalam percepatan serta kelancaran pelaksanaan vaksinasi.

Foto 2: Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk saat mengikuti rakor terbatas pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi, dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19, yang dilaksankan secara virtual melalui Vidcon

Rakor terbatas Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dibuka oleh Kepala Sekretariat Kepresidenan Hari Budi Hartono. Sementara, didaulat sebagai narasumber, antara lain Menteri Dalam Negeri RI H. Muhammad Tito Karnavian, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, Menteri Badan Usaha Milik Negara RI selaku Wakil Ketua IV dan Ketua Pelaksana KPCPEN Erick Thohir, dan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Gerard Plate.

Kabupaten Bolmong sendiri sebagai salah satu daerah sasaran penerima vaksin Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah daerah telah melakukan beberapa persiapan dengan pihak terkait.

“Rapat tadi merupakan rapat awal mengenai rencana penyaluran vaksin ke daera-daerah, sebab masih banyak yang harus dipersiapkan. Kita masih menunggu juklak juknisnya, begitupun dengan penganggarannya seperti apa,” kata kepala Dinas Kesehatan dr. Erman Paputungan, usai rakor.

Erman menambahkan, Pemkab Bolmong mendukung upaya-upaya yang dilakukan pemerintah pusat untuk memutus mata rantai Covid -19.

“Kita, di Kabupaten Bolmong pada prinsipnya mendukung upaya ini. Apabila semua juklak juknisnya sudah ada, maka kita siap melaksanakan apa yang telah diinstruksikan oleh pemerintah pusat,” imbuhnya. 

Foto 3: Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk saat mengikuti rakor terbatas pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi, dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19, yang dilaksankan secara virtual melalui Vidcon

Ia juga mengajak masyarakat untuk menyambut baik vaksin Covid-19. Pasalnya, harapan agar aktivitas kembali seperti semula bisa terwujud jika vaksin Covid-19 ini telah disuntikan kepada masyarakat.

“Ini menjadi kabar gembira di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Kami di daerah tinggal menunggu petunjuk teknis dan informasi dari pemerintah pusat terkait dengan langkah selanjutnya seperti apa,” ungkap dr. Erman Paputungan.

Dia menambahkan, vaksin Covid-19 yang diadakan oleh pemerintah ini dipastikan akan melewati uji klinis sesuai standar prosedur. Selain itu, semua tahapan mengenai kehalalan pun akan ditempuh oleh pemerintah.

“Kita serahkan semua kepada pemerintah pusat. Pastinya, vaksin ini sebelum didistribusikan akan melewati tahapan uji klinis beberapa tahapan. Kalau pun ada efek samping, semua jenis obat atau vaksin memang seperti itu,” tambah dr Erman.

Sekadar diketahui, di tahun 2021 mendatang, Dinkes Bolmong sendiri masih memfokuskan penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya terkait dengan pendistribusian dan pemberian vaksin kepada elemen masyarakat sebagaimana petunjuk Kemenkes.

(Advertorial/Agung)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button