Keterlambatan Hasil Perekaman e-KTP Dikeluhkan

0
438
Keterlambatan Hasil Perekaman e-KTP Dikeluhkan
Warga Kota Kotamobagu mulai mngeluhkan keterlambatan hasil perekaman e-KTP
Advertisement

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Sejumlah warga Kota Kotamobagu mengeluhkan keterlambatan hasil perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) beberapa waktu yang lalu.

Sulasmi Damopolii, warga Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, saat ditemui awak media Bolmora.com mengatakan, dirinya sudah lama melakukan perekaman, tapi sampai sekarang e-KTP belum ada.

“Alasan dari pihak Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan  (Discapilduk) Kota Kotamobagu, masih terkendala dengan jaringan yang tidak bagus,” ungkap Sulasmi.

Saat awak media ini melakukan investigasi ke Kantor Discapilduk, ternyata masih banyak warga Kotamobagu belum mendapatkan e-KTP, padahal mereka telah melakukan perekaman dua pekan lalu.

Sekertaris Discapilduk Muliyono Mokodompit, menjelaskan bahwa hasil perekaman e-KTP sudah dikirim ke data base pusat.

“Keinginan pihak kami (Capil-red), rekam saat ini, cetak saat ini juga, supaya pelayanan terhadap masyarakat bisa berlangsung cepat, namun kita harus melalui sistem data base dari pusat sehingga pihak kami harus menunggu data resmi dari pusat untuk melakukan pencetakan e-KTP,” kata Muloyono, Senin (7/11/2016) siang tadi.

Senada disampaikan Kabid Kependudukan Capil Indah Mokoagow.  Kata dia,  masih banyak data yang dikirim berstatus Sent for Enrollment atau masih berstatus pengiriman.

“Nah, masalah itu bisa juga dikarenakan adanya efek aturan perekaman e-KTP sampai tanggal 30 September yang lalu, sehingga terjadi penumpukkan di data base pusat,” jelasnya.

Sambil menunggu pengiriman data olahan dari pusat, pihak Discapilduk menyediakan surat keterangan pengganti e-KTP. Surat keterengan tersebut nantinya bisa dipergunakan, antara lain untuk kepentingan pemilu, pemilukada, pilkades, perbankan, imigrasi, kepolisian, asuransi, BPJS, pernikahan dan kebutuhan lainnya sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Untuk lebih jelasnya silahkan datang ke kantor, pasti kami akan layani,” imbau Indah.(me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here