Pemkab Bolsel Bakal Terapkan Tamu dan Tuan Rumah Hajatan Sudah Memiliki Kartu Vaksin

0
309
Pemkab Bolsel Bakal Terapkan Tamu dan Tuan Rumah Hajatan Sudah Memiliki Kartu Vaksin
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL – Saat ini pemerintah pusat berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19. Percepatan ini terutama dilakukan kepada daerah-daerah dengan capaian vaksinasi tahap pertama masih di bawah 50 persen dari sasaran.

Seperti diketahui, vaksinasi sebagai salah satu upaya paling penting dalam penanganan pandemi Covid-19.

Sesuai update data vaksinasi Covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) per 13 Oktober 2021, dengan target sasaran vaksin sebanyak 52.696 orang, sudah ada 18.501 (35,1 persen) yang divaksinasi tahap pertama, dan 5.572 (10,5 persen) untuk tahap dua.

Kepala Dinkes Bolsel dr. Sadly Mokodongan, saat dikonfirmasi menyampaikan saat ini jumlah masyarakat yang divaksin di Kabupaten Bolsel masih berada di bawah 50 persen, untuk vaksinasi tahap pertama. Makanya pihaknya akan melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarat umum, remaja dan masyarakat rentan.

“Memang saat ini masyarakat umum baru 33,7 persn yang divaksin tahap awal, remaja 17,6 persen dan masyarakat rentan 17,6 persen,” ujarnya.

Menurut dia, program vaksinasi membutuhkan kerja sama semua stakeholder, mulai dari pemerintah desa, kecamatan, serta lintas sektor, termasukTNI dan Polri.

“Semua kita komunikasi untuk percepatan vaksinasi. Nantinya akan dilakukan jemput bola dengan melaksanakan vaksinasi di setiap desa, yang berkerja sama dengan puskesmas terdekat. Alhamdulillah, dengan kerja sama semua stakeholder, antusias masyarakat semakin meningkat untuk melakukan vaksinasi,” kata dr. Sadly.

Dia berharap agar masyarakat memiliki kesadaran untuk datang ke tempat pelaksanaan vaksinasi, supaya pandemi cepat berakhir.

Di tempat berbeda, Bupati Iskandar Kamaru menegaskan, dalam waktu dekat akan melakukan rapat dengan seketaris daerah untuk membahas percepatan vaksinasi. Salah satunya penerapan protokol kesehatan ketat pada setiap hajatan masyarakat

“Bagi mayarakat yang akan melaksanakan hajatan wajib mengantongi kartu vaksin. Jadi, bagi tamu yang hadir dan tuan rumah sudah harus divaksin. Ini merupakan salah satu langkah pemerintaj daetah untuk percepatan vaksinasi, karena target Kabupaten Bolsel pada akhir tahun 2021 sudah harus 70 persen masyarakat yang divaksinasi tahap pertama. Saat ini baru mencapai 35,1 persen. Memang, menjadi kerja keras agar mencapai Herd Immunity, karena tinggal beberapa 1 bulan lagi sudah masuk akhir tahun”,” pungkas Iskandar.

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here