Kakanwil Kemenag Sulut Targetkan Siswa MAKN Kuasai Tiga Bahasa

0
416
Kakanwil Kemenag Sulut Targetkan Siswa MAKN Kuasai Tiga Bahasa
Tampak Bupati, Kekanwil dan rombongan saat akan melakukan peletakkan batu lanjutan pembangunan MAKN di Lolak

BOLMORA.COM, BOLMONG – Kakanwil Kemenag Sulut Anwar Abubakar, meminta para stakeholder Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN)  Lolak, untuk mulai menerapkan tiga penguasaan bahasa, yakni bahasa Arab, Inggris dan Indonesia kepada para siswa.

“Bulan pertama ketika masuk, para siswa tidak lagi menggunakan bahasa lokal, tapi menggunakan bahasa Indonesia Full. Bulan kedua, ketiga hingga satu semester sudah menggunakan bahasa Arab. Semester kedua sudah menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari di bawah pengawasan guru pembimbing dan guru pendamping,” urai Abubakar.

Mantan Kakanwil Kemenag Sulsel ini berharap, siswa MAKN bisa menghafal Alquran 30 juz atau minimal jus. Kata dia, menghafal 30 juz Alquran sebagai nilai tambah agar madrasah bisa lebih hebat dan bermartabat.

Melalui forum tersebut, orang nomor satu di jajaran Kemenag Provinsi Sulut ini mengharapkan bantuan dan perhatian pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan MAKN.

“Mohon bantuan ibu bupati, untuk turut memperhatikan dan membantu mensosialisasikan madrasah kita. Agar dikenal masyarakat luas,” terang Anwar di hadapan bupati.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, langsung menginstruksikan Kadis Pendidikan Bolmong untuk proaktif berkomunikasi dengan Kepala MAKN.

“Dengan begitu, apapun hal-hal yang menyangkut pengembangan MAKN bisa dianggarkan melalui Disdik Bolmong. Selain itu, akses masuk ke sekolah ini juga akan kita benahi. Itupun akan menjadi prioritas nanti untuk kita benahi,” ungkap Yasti. 

Turut serta mendampingi Kakanwil, Kakan Kemenag Bolmong Muhtar Bonde, Kabid Pendis Nasri Sakamole, Kasubbag Ummas Hartono Bawenti, Kasie. KSKK Alex K Usman, Kasie. SIPI Eka Wira Putra dan Kepala MAKN Sarpin Hamsah.

Sedangkan bupati didampingi Kadis Pendidikan, Camat Lolak serta para pejabat di lingkungan Pemkab Bolmong.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here