Kakanwil Kemenag Provinsi Sulut Beber Paran Yasti dalam Pembangunan MAKN

0
409
Kakanwil Kemenag Provinsi Sulut Beber Paran Yasti dalam Pembangunan MAKN
Anwar Abubakar saat menyampaikan sambutan

BOLMORA.COM, BOLMONG – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulut Anwar Abubakar, bersama Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow (YSM), secara bergantian meletakkan batu pertama pembangunan gedung Teori, Workshop dan Asrama Terpadu Siswa di Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Lolak, Rabu, (14/10/2020).

Kakanwil Kemenag Sulut Anwar Abubakar, dalam sambutannya menyebut pembangunan MAKN tak lepas dari peran Bupati Bolmong yang telah menghibahkan lahan seluas 10 hektare, sebagai lokasi pembangunan gedung MAKN.

“Ini tak lepas dari peran Bupati Bolmong Yasti Soeprefjo Mokoagow,” ucapnya.

Anwar juga berharap MAKN Bolmong akan menjadi sekolah unggulan di Indonesia khususnya di Sulut dalam berbagai kompetisi.

“Siswa harus meningkatkan kemampuan berbahasa asing, yakni bahasa Arab dan Inggris,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow yang kala itu memberikan sambutan, juga mengapresiasi Kemenag Sulut yang sudah memberikan bantuan serta menghadirkan sarana dan prasarana pendidikan bertaraf nasional di Kabupaten Bolmong.

“Hadirnya MAKN di Bolmong merupakan semangat baru guna menunjang pendidikan yang sangat penting,” kata Yasti.

Wanita yang dijuluki Srikandi Bolmong ini juga berharap agar Kemenag berupaya membangun Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Bolmong. Sebab, mahasiswa IAIN Manado terbanyak merupakan putra putri Mongondow, dan kadang terkendala daya tampungnya yang terbatas. 

“Perlu dihadirkan pula kampus keagamaan di Bolmong. Agar pendidikan agama dan keagamaan di Bumi Totabuan menjadi lengkap,” ungkapnya.

Pihaknya memastikan akan memberikan lahan sebagai lokasi pembangunan kampus STAIN, dengan harapan anak-anak Bolmong tak perlu lagi jauh-jauh ke luar kota untuk melanjutkan pendidikannya. 

“Kalau untuk meningkatkan pendidikan, insha Allah pasti saya sediakan lahan,” sebut Ysati.

Terinformasi, sejumlah pejabat turut serta mendampingi Kakanwil, seperti Kakan Kemenag Bolmong Muhtar Bonde, Kabid Pendis Nasri Sakamole, Kasubbag Ummas Hartono Bawenti, Kasie KSKK Alex K Usman, Kasie SIPI Eka Wira Putra. 

Sedangkan Bupati Bolmong didampingi Kepala Dinas Pendidikan Renty Mokoginta, Camat Lolak Junius Mokoginta, dan sejumlah pimpinan SKPD. 

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here