Timpora di 7 Kecamatan Kabupaten Bolsel Dikukuhkan

0
111
Foto bersama Wabup Deddy dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kotamobagu, Joni Rumagit, Jumat (11/10).

BOLMORA.COM, BOLSEL — Bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kotamobagu, membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat Kecamatan, yang langsung dikukuhkan oleh Wakil Bupati Bolsel, Deddy Abdul Hamid, dan Kepala Kantor Imigrasi Joni Rumagit, SH, di kantor Bappelitbangda Bolsel. Jumat 11 Oktober 2019.

Dalam sambutannya, Wabup Deddy juga menyampaikan pesan Bupati Bolsel, Hi. Iskandar Kamaru, yang menerangkan, bahwa pembentukan TIMPORA bertujuan sebagai wadah komunikasi antara para pejabat pemerintah di tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten untuk menyatukan persepsi sebagai upaya bersama dalam rangka pengawasan orang asing.

“Tim ini berfungsi sebagai penguatan pengoordinasian, keterpaduan, penyelarasan tugas fungsi, dan pertukaran informasi tentang perkembangan serta pengawasan orang asing, ” ujar wabup.

Wabup menjelaskan, bahwa Timpora ini dibentuk berdasarkan acuan dari Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2016 Tentang Tim Pengawasan Orang Asing, serta Permendagri Nomor 49 tahun 2010 tentang Pedoman Pengawasan dan Pemantauan Orang Asing.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi, Joni Rumagit sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan Pemkab Bolsel atas pembentukan tim tersebut.

“Pembentukan Tim sengaja melibatkan pihak kecamatan, karena pengawasan orang asing tidak akan mampu dilakukan sendiri oleh imigrasi, melainkan harus ada sinergitas dari berbagai instansi terkait, ” terang Rumagit.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan OPD, dan Camat Se-Kabupaten Bolmong Selatan.

(*/wdr)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here