Tahapan Pemilukada Bolmut Tahun 2018 Resmi Dimulai

0
375
Tahapan Pemilukada Bolmut Tahun 2018 Resmi Dimulai
Tahapan Pemilukada di Kabupaten Bolmut Resmi Dimulai
Advertisement

BOLMORA, BOLMUT – Ditandai dengan launching oleh Komisioner KPU RI Viryan, yang bertempet di halaman kantor KPU Kabupaten Bolmut, Sabtu (7/10/2017), tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolmut Tahun 2018 resmi dimulai.

Ketua KPU Bolmut Faisal Husin mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan tahapan Pemilukada. Mulai dari kerja sama dengan Dinas Dukcapil untuk mensosialisasikan pembuatan e-KTP, yang saat ini sudah 80 persen penduduk Bolmut telah memegang kartu tersebut.

“KPU juga telah menetapkan persyaratan untuk calon perseorangan.Yang mana, para calon harus mengantongi dukungan 10 persen atau 5.609 wajib pilih (minimal tersebar di 6 kecamatan) dari 56.089 wajib pilih di Bolmut, yang merupakan DPT Pemilukada sebelumnya,” ujar Faisal.

Adapun tingkat partisipasi pemilih di Bolmut, sesuai data terakhir pada Pilgub Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) lalu, mencapai 80 persen.

“Diharapkan launching ini dapat digaungkan sampai ke desa-desa, guna lebih meningkatkan jumlah partisipasi pemilih,” imbaunya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, yang hadir mewakili bupati menyampaikan bahwa Pemilukada merupakan sarana kedaulatan rakyat. Olehnya itu,. menjadi kewajiban bersama agar proses demokrasi ini berlangsung aman, tertib, jujur dan adil.

“Pemerintah daerah berharap peran seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta terus membangun dan memelihara persatuan dan kesatuan saat ini terbangun di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” kata Suriansyah.

Ia mengingatkan kepada jajaran aparatur pemerintah daerah agar tetap menjaga netralitas, jangan sampai terlibat dalam politik praktis.

“Kepada para penyelenggara teknis Pemilukada diimbau untuk aktif melakukan upaya pencegahan masalah khususnya terhadap tingkat partisipasi masyarakat, dengan terus mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih,” imbuhnya.

Dalam kesemaptan tersebut, Komisioner KPU RI Viryan mengatakan, KPU siap bekerja melaksanakan seluruh tahapan Pemilukada serentak 2018 secara transparan, tentunya dengan dukungan dari semua pihak.

“Untuk itu, kepada partai pengusung, simpatisan dan pendukung para calon kepala daerah diimbau agar dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, dan menghindari segala bentuk kampanye hitam yang dapat menodai jalannya tahapan Pemilukada,” pintanya.

“Siapapun yang menjadi calon kepala daerah nanti, setelah dinyatakan memenuhi syarat perundang-undangan adalah representasi dari rakyat Bolmut,” sambung Viryan.

Pihaknya juga mengapresiasi tingkat partisipasi masyarakat Bolmut yang menggunakan hak pilihnya, dengan capaian di atas standar nasional yaitu 77 persen.

“Hendaknya angka ini dapat terus ditingkatkan. Diharapkan seluruh tahapan Pemilukada dapat berhasil memilih kepala daerah yang benar-benar menjadi pilihan rakyat Bolmut,” lugasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Bolmut Asripan Nani, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bolmut, Unsur Forkopimda, Ketua KPU Provinsi Sulut Yesi Momongan, Komisioner KPU kabupaten/kota se-Provinsi Sulut, Panwaslu Bolmut, Pimpinan Partai Politik, tokoh- tokoh Masyarakat, Ormas, LSM, serta para camat dan sangadi se-Kabupaten Bolmut.(mg3/gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here