3 Sekda di BMR Berkolaborasi Mendirikan Yayasan Baru UDK

0
429
3 Sekda di BMR Berkolaborasi Mendirikan Yayasan Baru UDK
Sekkot Tahlis Galang, dan Sekda Bolsel Indra Damopolii, bersama Notaris
Advertisement

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Yayasan baru Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) akan segera diresmikan. Yayasan baru ini dibentuk langsung oleh Tiga Sekretaris Daerah (Sekda) di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR), masing-masing Sekda Kota Kotamobagu Tahlis Gallang, Sekda Bolmut Asripan Nani, Sekda Bolsel Indra Damopolii.

Ketiga sekda yang juga msuk dalam jajaran pembina dalam struktur yayasan tersebut berkolaborasi membentuk yayasan baru untuk memajukan UDK ke depan.

Dikatakan Tahlis Gallang, mereka (ketiga panglima ASN) telah bersepakat untuk mendirikan yayasan baru menaungi UDK. Selain itu, pihaknya juga telah menghubungi lima orang putra terbaik asal BMR bergelar doktor dan master yang berada di luar daerah untuk masuk dalam truktur kepengurusan yayasan baru ini. Di antaranya, Prof. Dr. Ir. Umar Paputungan M.Sc., Dr. Ir. Agus Soepandi Sugoto, SE, M.Si., Prof. Dr. Sanusi Gugule, M.Si, Drs. Anuardin Mokoagow M.Si., dan Dr. Abdul Rahman Dilapanga, SIP, M.Si.

“Kelima orang itu merupakan orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan, sehingga diharapkan kolaborasi kami akan membuat dunia pendidikan di wilayah BMR khususnya menjadi semakin baik dan bisa bersaing dengan daerah lain,” ujarnya.

Ketika disinggung kenapa tidak melibatkan semua Sekda se-BMR, Tahlis mengatakan, untuk dua daerah lainnya yaitu Bolmong, Sekdanya belum Definitif. Sdangkan untuk Boltim, Sekdanya sudah akan memasuki usia pensiun.

“Tapi tidak menutup kemungkinan kedua daerah ini akan bergabung dikemudian hari,” tandasnya.

Dijelaskan, pembentukan yayasan baru merupakan permintaan dari pihak UDK untuk menghimpun orang-orang BMR di luar daerah yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk pulang kembali kedaerahnya guna memajukan dunia pendidikan di BMR.

“Mudah-mudahan tanggal 03 November nanti, segala kelengkapan berkas pendirian yayasan sudah diselesaikan oleh pihak Notaris, karena selanjutnya akan membuat  sepuluh Program Studi (Prodi) baru. Sebab, itu syarat menjadi sebuah Universitas harus minimal memiliki 10 Prodi. UDK memang milik swasta, tapi penanggung jawab di dalam dunia pendidikan adalah pemerintah. Jadi kita harus dukung dalam bentuk dana hibah ataupun pendirian gedung yang baru, terus diserahkan ke pihak swasta,” cetus Tahlis.

Sementara itu, Wakil I Bidang Pendidikan Akademik UDK Rey Simbala, ketika dimintai tanggapan mengaku sangat setuju dengan terbentuknya yayasan baru yang nantinya akan dibentuk .

“Kami dari pihak UDK sangat setuju. Apalagi, tiga Sekda bersedia menjadi pembina yayasan yang akan menaungi UDK. Sekda merupakan panglima tertinggi ASN di daerah masing-masing, Sekda juga adalah jabatan karir bukan jabatan politik, sehingga perjalanan yayasan akan jauh dari tendensi politik apapun,” kata Rey, kepada Bolmora.com, Senin (24/10/2016).

Dia berharap dengan keterlibatan tiga Sekda dalam yayasan, akan mampu merubah wajah UDK yang lebih baik ke depan. Minimal UDK tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi lainnya ketika dikelola oleh sekda-sekda yang tidak lain adalah putra-putra terbaik BMR.

“Tentunya ini adalah kabar baik bagi dunia pendidikan di BMR khususnya perguruan tinggi. Inysa Allah, dengan didirikannya yayasan baru menaungi UDK, akan lebih meningkatkan daya saing dunia pendidikan Strata 1 (S1) di BMR khusunya dan daerah-daerah lain,” punbgkasnya.(me2t)

Yayasan Pendidikan Kotamobagu Mandiri

Pembina :                                                                                                                                                                                                                                  Ketua : Tahlis Galang, SIP, MM
Anggota 1. Drs. Indra Damopolii, ME
Anggota 2. Dr. Asripan Nani, M.Si

Pengurus :
Ketua : Prof.Dr.Ir. Umar Paputungan, M.Sc
Sekretaris  : Dr.Ir.Agus Soepandi Sugoto, SE, M.Si
Bendahara : Rio A. Lombone, S.STTP, MH

Pengawas :                                                                                                                                                                                                                            Ketua : Prof. Dr. Sanusi Gugule, M.Si
Anggota 1. Drs. Anuardin Mokoagow, M.Si
Anggota 2. Dr. Abdul Rahman Dilapanga, SIP, M.Si

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here