Petugas Kesehatan Lakukan Tracking kepada Orang yang Kontak Erat dengan Paslon RISKI

0
894
Petugas Kesehatan Lakukan Tracking kepada Orang yang Kontak Erat dengan Paslon RISKI
Tampak perea petugas kesehatan dan gugus tugas

BOLMORA.COM, BOLSEL — Pasca ditetapkannya status positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) terhadap dua orang publik figur, yang tidak lain bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bolsel, yakni Riston Mokoagow (RM) dan Selviah Van Gobel (SG), tampaknya memunculkan kekhwatiran adanya penyebaran Covid-19 di daerah tersebut. Pasalnya, pasangan calon (Paslon) yang dijuluki RISKI ini sempat menerima tamu tanpa menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat sedang menjalani karantina mandiri. Hal itu sebagaimana terlihat di beberapa dokumentasi foto yang diupload di media sosial.

Informasi yang dirangkum, hingga kini Tim Gugus Tugas dan Puskesmas se-Kabupaten Bolsel sedang melakukan tracking kepada masyarakat yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien. Mengingat, salah satu dari pasien RM sempat tidak terdeteksi keberadaanya oleh Tim Gugus Tugas, beberapa hari setelah dirinya ditetapkan positif Covid-19.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bolsel dr. Sadly Mokodongan, hingga kini pihaknya sementara melakukan tracking kepada orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien.

“Petugas PKM (Puskesmas) sementara jalan. Belum ada data pasti dari tracking kita, namun untuk sementara sudah ada belasan orang,” ungkapnya, saat dikonfirmasi, Senin (7/9/2020).

Sebagai tindak lanjut dari hasil tracking nanti, orang-orang yang memiliki kontak erat dengan pasien akan diperiksa secara intens.

“Untuk penangan kontak erat dari hasil tracking, bagi yang mempunyai gejala kita langsung lakukan swab. Sementara yang tidak bergejala kita anjurkan untuk melakukan isolasi mandiri,” beber dr. Sadly, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolsel.

Dia juga mengakui, pihaknya kini sudah menemukan lokasi RM menjalani isolasi mandiri.

“Riston Mokoagow menjalani isolasi mandiri di Kota Kotamobagu, dan sudah dikunjungi oleh Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu. Sementara, untuk Selviah Van Gobel, tengah menjalani isolasi mandiri di kediamannya di Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki,” sebutnya.

Terpisah, dr. Tanti Korompot, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Kota Kotamobagu, saat hubungi via selular membenarkan pernyataan dari Gugus Tugas Bolsel.

“Sesuai informasi yang kami terima, dan itu sudah dikunjungi, pasien domisili Bolsel tersebut sedang menjalani isolasi mandiri di Kota Kotamobagu. Kita juga sudah melaporkan ke aparat yang bertanggung jawab di wilayah itu. Jadi, jika yang bersangkutan ke luar rumah atau menerima tamu tanpa sepengetahuan kami, tentu kami akan laporkan ke pihak yang berwajib,” tegasnya.

(*/Gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here