Mendukung Pelestarian Budaya, Pemuda Kopandakan 1 Lakukan Pengecatan Komalig

0
62
Pemuda Kopandakan saat melakukan pengecetan rumah Komalig

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU — Menumbuhkan jiwa gotong royong, Pemuda Desa Kopandakan Satu, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu melakukan Mobakid (kerjasama) untuk pengecatan Replika Rumah Adat Komalig, yang merupakan Rumah Adat Bolaang Mongondow. 

“Mobakid atau biasa kita sebut gotong royong  merupakan budaya Mongondow yang menjadi salah satu identitas perilaku kolektif masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR). Apalagi sasaran kali ini adalah Rumah Adat Komalig, artinya kita harus mendukung penuh pelestarian budaya-budaya Mongondow,” ungkap Sugiarto Yunus, ketua pemuda Kopandakan Satu, Jumat (20/9/2019). 

Dirinya menerangkan, proses pengecatan Rumah Adat Komalig rencananya akan dilakukan pemuda Kopandakan Satu selama dua hari.

“Insya Allah pengecatan ini akan selesai dua hari,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pencetus pembangunan replika Rumah Adat Komalig  Sumitro Tegela mengapresiasi atas partisipasi pemuda terhadap kegiatan gotong royong yang mereka laksanakan ini.

“Sekarang ini kita sudah jarang melihat kegiatan Mobakid yang dilaksanakan para pemuda. Ini adalah kegiatan yang sangat positif dan perlu terus dilakukan oleh para pemuda ke depan nanti. Saya juga mengucapkan Syukur Moanto (terima kasih) kepada pemuda Kopandakan Satu yang turut serta dalam pembangunan Rumah Adat Komalig ini,” tutupnya. 

(me2t)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here