Komalig, Destinasi Wisata Budaya di Kota Kotamobagu

0
146
Komalig, Destinasi Wisata Budaya di Kotamobagu
Komalig, Destinasi Wisata Budaya di Kotamobagu

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU – Komalig atau Rumah Adat Bolaang Mongondow yang dibangun di Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan, diharapkan dapat menjadi salah satu destinasi wisata budaya di Kota Kotamobagu. Hal ini disampaikan Sumitro Tegela salah satu pemerhati budaya, saat disambangi awak media di kediamannya di Desa Kopandakan Satu, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Sulawesi Utara (Sulut). 

“Selain desain serta bentuk bangunan luar yang hampir mirip dengan aslinya, di bagian dalam Komalig ini nantinya akan kita sediakan berbagai alat dan perlengkapan khas Bolaang Mongondow, seperti yang dipajang di beberapa Museum yang ada di luar negeri, seperti Kokandong, Kodapa, Kabela, dan berbagai peralatan lainnya,” ungkap Mitro, sapaan akrabnya.

Menurutnya, selain dipajang di dalam Komalig, para pengunjung juga bisa langsung mempraktekan pembuatan peralatan tersebut.

“Konsepnya kedepan, para pengunjung bisa berinterkasi dengan langsung mempraktekan bagaimana membuat Kodapa, Kokandong dan lain sebagainya. Bahannya pun akan kita sediakan disini,” ujarnya.

Dia menerangkan, kedepan masih ada beberapa program yang akan dilaksanakan sebagai bagian untuk melestarikan adat dan budaya daerah.

“Rumah Adat itu juga akan menjadi pusat lembaga Adat, pusat pengkajian budaya serta tempat untuk meregenerasi seni dan tari khas Bolaang Mongondow,” tutupnya.

Perlu diketahui, saat ini replika rumah Adat Komalig semntara dibangun di Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah melalui program bantuan pemerintah untuk revitalisasi Desa Adat tahun 2019.

(**/Me2t)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here