Lokasi Pertambangan Emas Potolo Masuk Kontrak Karya PT JRBM?

0
545
Lokasi Pertambangan Emas Potolo Masuk Kontrak Karya PT JRBM?
Foto istimewa salah satu lokasi Pertambangan Tanpa Izin di Potolo, Kecamtan Lolayan, Kabupaten Bolmong

BOLMORA.COM, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Sekertariat Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, pada tanggal 19 Maret 2019, telah mengedarkan surat pemberitahuan yang bersifat penting, dengan Nomor Surat: 540/D. 23/DLH/23/VIII/2019, sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat terhadap kegiatan pertambangan emas oleh Koperasi Madinow Potolo di Lokasi Potolo, tepatnya di perkebunan Desa Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong, yang diketahui sampai saat ini belum memiliki dokumen lingkungan, serta izin lingkungan.

Surat yang dilayangkan Pemkab Bolmnong tersebut juga berdasarkan hasil peninjauan lokasi Pertambangan tanpa Izin (PETI) Potolo oleh tim Pemkab Bolmong. Tak hanya itu, surat resebut juga berdasarkan Undang-undang Nomor: 4 Tahun 2019, tentang pertambangan Mineral dan Batu Bara pasal 158 dan Undang-undang Nomor: 32  Tahun 2009, tentang perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup. 

Dalam poin surat edaran yang ditandatangani Sekda Tahlis Gallang, atas nama Bupati Bolmong, tertanggal 28 Agustus 2019 itu, di antaranya berisi sebagai berikut:

1. Setelah dipetakan, lokasi Potolo Desa Tanoyan Selatan, adalah bagian konsesi kontrak karya PT JRBM.
2. Kegiatan pertambangan yang dilakukan oleh masyarakat di lokasi Potolo adalah bersifat illegal.
3. Segera mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan usaha dan/atau ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
4. Melakukan inventarisasi/pendataan kepada pelaku pertambangan illegal di lokasi Potolo Desa Tanoyan Selatan, dan melaporkan data yang dimaksud kepada Bupati Bolmong.

Namun sangat disayangkan, surat yang dikeluarkan sejak Agustus 2019 ini tidak juga diindahkan oleh pelaku usaha tambang di perkebunan Potolo.

Dari pantauan media ini, sampai saat ini kegiatan pertambangan di lokasi perkebunan Potolo masih terus berlanjut.

(Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here