50 Rumah di Desa Tungoi II Bakal Nikmati Sistem Sanitasi Layak Pakai

0
658
Ilustrasi Salaha Satu Sitem Sanitasi
50 Rumah di Desa Tungoi II Bakal Nikmati Sistem Sanitasi Layak Pakai
Advertisement

BOLMORA, BOLMONG –  Kucuran dana senilai Rp400 juta digulirkan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanaja Nasional (APBN) itu diperuntukkan pada pengadaan sistem sanitasi bagi 50 sambungan rumah (SR). Adapun sanitasi yang dimaksud yaitu pengadaan kakus (WC) yang layak dan sehat untuk digunakan masyarakat.
Pantauan Bolmora.com, antusias masyarakat untuk menghadiri sosialisasi yang dilaksanakan, Rabu (24/8/2016) malam. Tampak hadir tim pendamping desa (fasilitator) dari propinsi sebagai pemateri, serta Ketua Kelompok Swadaya Masyarkat (KSM) Desa Tungoi II Abidin Makatu’u, beserta pengurus lainnya.

Menurut Henricko Walewangko, pemateri dari provinsi, direncanakan pada awal bulan September nanti pihaknya akan melaksanakan pelatihan bagi anggota KSM yang ada di desa-desa di Bolmong.

“Kegiatannya akan dilaksanakan di Manado, sekalian dengan penandatanganan kontrak perjanjian kerja sama. Jadi, kemungkinan pertengahan bulan September kita sudah mulai kerjakan,” ujar Henricko, yang saat itu didampingi fasilitator desa Reevy Pangkey.

Sementara itu, warga menyambut baik dengan adanya program pengadaan sanitasi ini.

“Selama ini kami mau buang hajat saja harus ke sungai. Ini karena kami belum mampu septic tank,” cetus Yusrin, salah satu warga Desa Tungoi II.(hendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here