Aplikasi Si-BERKA Milik BKPSDM Bolsel Resmi Dilaunching

0
625
Aplikasi Si-BERKA Milik BKPSDM Bolsel Resmi Dilaunching
Bupati, Wabup, Sekda dan Kepala Bank SulutGo Melaunching Aplikasi Si BERKA
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL – Bupati Iskandar Kamaru, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, akhirnya melaunching aplikasi Sistim Informasi Berbasis Elektronik Laporan Kerja Aparatur (SI BERKA), yang merupakan inovasi dari Badan Kepegawain dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). 

Aplikasi Si BERKA resmi dilaunching bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 Kabupaten Bolsel yang digelar Kamis (22/7/2021), di alun-alun lapangan Desa Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki. 

Kepala BKPSDM Bolsel Ahmadi Modeong mengatakan, setelah dilaunching oleh bupati dan wabup, aplikasi Si BERKA tidak langsung action untuk penggunaannya. 

“Jadi, dalam beberapa hari ke depan masih pengenalan dulu kepada ASN, terkait cara penggunaannya. Nanti pada awal Agustus baru action,” katanya, Jumat (23/7/2021).

Menurut dia, aplikasi ini berfungsi sebagai absensi para ASN di lingkungan Pemkab Bolsel, serta untuk mengapload kinerja masing-masing ASN selama satu hari.

“Absen pagi akan dibuka pada pukul 07.15-07.30 WITA. Untuk absen pulang close 05.15  WITA. Jika tidak ikut apel tanpa keterangan dan terlambat absen akan dipotong 0,5 persen, kecuali yang sedang melaksanakan tugas luar,” jelas Ahmadi.

Ahmadi juga menambahkan, di dalam aplikasi Si BERKA ini ada absen offline. Di mana, absen offline ini diperuntukan bagi ASN yang bekerja di tempat yang tidak terjangkau jaringan internet.

“Jadi, sistemnya walaupun tidak ada jaringan mereka tetap bisa mengisi absen tersebut. Nah, ketika mereka sudah berada di tempat yang ada jaringannya, maka secara otomatis absen yang tadinya telah diisi akan terdata sendiri. Bahkan, jam dan tanggal pada absen tersebut akan muncul diserver aplikasi tersebut,” pungkasnya.

Nanti bagi ASN yang sedang tugas luar daerah tidak perlu melakukan absen melalui aplikasi Si BERKA. 

“Cukup mereka meng-upload foto surat keterangan sedang tugas luar saja,” tutup Ahmadi.  

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here