DPRD Bolsel Setujui Perda Tentang Pengusian Satwa Burung Maleo

0
894
Suport Langkah Cepat Pemda, Sunardi: Saya Berharap Bantuan yang Disalurkan Tepat Sasaran
Anggota DPRD Bolsel Sunardy Kadullah
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) memujukan kepedulian terhadap tempat tinggal hewan endemik Sulawesi, yakni Burung Maleo.

Pemkab Bolsel akhirnya membuat peraturan daerah (Perda) tentang pengusian satwa Burung Maleo, yang telah disetujui oleh DPRD Bolsel. 

Anggota DPRD Bolsel Sunardi Kadullah menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi atas dibuatnya Perda tentang pengusian satwa ini.

“Ini menunjukan bahwa, Pemkab Bolsel sangat peduli dengan satwa yang dilindungi. Apalagi Burung Maleo merupakan burung endemik Sulawesi, yang populasinya tinggal sedikit,” kata Kadullah, Kamis (8/7/2021).

Anggota DPRD dari partai PDIP ini juga mengatakan, sangat mendorong agar Ranperda menjadi tersebut bisa secepatnya di-Perdakan, serta bisa menjadi bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar tempat konservasi satwa. 

“DPRD Bolsel menyetujui Ranperda penataan pengusian satwa dijadikan Perda,” tutur Sunardi.

Sementara itu, Bupati Iskandar Kamaru menyampaikan terima kasih kepada DPRD, yang telah menerima dan menyetujui Ranperda tentang pengusian satwa. Mengingat, Perda ini menjadi pertama di Provinsi Sulut.

“Ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bolsel bagi kehidupan dan tempat tinggal Burung Maleo,” jelasnya. 

Dikatakan, beberapa komunitas konversasi nasional maupun internasional telah memberikan perhargaan kepada Bolsel, terkait dibuatnya Ranperda tentang pengusian satwa.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan penghargaan konversasi tertinggi di Indonesia Timur, yang meliputi mulai dari budaya, konversasi alam, adat maupun situs peninggalan,” ungkap Iskandar. 

Di kabupaten Bolsel sendiri, tempat tinggal Burung Maleo ada dua, yang satu dikelola oleh WCS dan kelompok tani Desa Molibagu. Mereka tiap bulannya melepaskan burung maleo di alam bebas.

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here