Amankan Aset, Pemkot Kotamobagu Kembali Usulkan Penerbitan Sertifikat Tanah

0
979
Amankan Aset, Pemkot Kotamobagu Kembali Usulkan Penerbitan Sertifikat Tanah
Tampak Bidang Aset BPKD Kotamobagu bersama jajaran terkait dan BPN melakukan pengukuran aset milik Pemkot
Advertisement

BOLMORA.COM,KOTAMOBAGU- Menggandeng Badan Pertanahan Negara (BPN), Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu kembali mengajukan usulan penerbitan Sertifikat Tanah Pemerintah.

Menindaklanjuti usulan tersebut, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) di dampingi Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pengukuran Tanah yang menjadi aset Pemkot Kotamobagu, Kamis (23/7/2020) pagi tadi.

“Ini merupakan kewajiban Pemkot Kotamobagu dalam hal Pengamanan Barang Milik Daerah sesuai dengan Permendagri No 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah,” ungkap Kepala BPKD melalui Kepala Bidang Aset Bambang Tombaan.

Pun demikian juga dikatakan oleh Kepala Sub Bidang Inventarisasi dan Dokumen BPKD Rindah Mokoginta. menurutnya, dalam rangka pemenuhan sesuai dengan Permendagri tersebut, pihaknya melakukan pengajuan penerbitan Sertifikat tanah milik Pemkot yang terletak di Kotamobagu Selatan  khususnya di Desa Bungko, Desa Poyowa Besar 1, dan Desa Poyowa Besar 2. 

“Terdapat delapan Tanah milik Pemkot Kotamobagu yang akan di Sertifikat, dan kami melaksanakan peninjauan lapangan. Hal ini merupakan suatu kewajiban dalam rangka pengamanan barang milik daerah Pemkot Kotamobagu,” terang Rindah.

Rindah menjelaskan, adapun jumlah Tanah milik Pemkot sesuai dengan Kartu investasi barang yang tercatat pada Simda barang yang diperoleh dari sumber Hibah Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan pembelian dari APBD Pemkot Kotamobagu berjumlah 267 bidang tanah.

“Tanah milik Pemkot yang bersertifikat berjumlah 187 bidang, sedangkan yang belum bersertifikat berjumlah 80 bidang tanah. 80 yang belum memiliki Sertifikat ini masih menjadi pekerjaan rumah BPKD, khususnya Bidang Aset untuk diselesaikan,”jelasnya.

(Me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here