Pemkab Bolmut Ikuti Video Conference Bersama KPK RI

0
1018
Pemkab Bolmut Ikuti Video Conference Bersama KPK RI
Kepala BPKD Bolmut Sirajudin Lasena saat mengikuti Video Converence

BOLMORA.COM, BOLMUT – Dalam rangka koordinasi pencegahan korupsi dalam pengelolaan Bank Pembangunan Daerah dan Optimalisasi Pendapatan Daerah melalui peningkatan peran BPD SulutGo, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengikuti Video Conference (Vicon) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) beserta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo juga Bupati/Walikota se-Provinsi Sulut lainnya. bertempat diruang rapat Bupati Bolmut, Rabu (15/07/2020).

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev., kepada Media Bolmora.com mengatakan, Rakor ini merupakan agenda setiap tahun yang digelar oleh korsubgah KPK sebagai forum untuk memantau dan mengkoordinasikan pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) disetiap Pemerintah Daerah.

“Prinsipnya bahwa pengelolaan PAD harus transparan, bebas dari praktik-praktik koruptif serta diupayakan telah menggunakan sistem elektronik agar akuntabilitasnya dapat terjaga,” ucapnya.

Pada dasarnya, Pemda Bolmut dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  berkomitmen terus menjaga profesional dan mengupgrade sistem elektronik yang digunakan agar mutu dan kualitasnya tetap terjaga.

“Sejak tahun 2017 semua belanja daerah telah dilakukan secara non tunai, dan dalam pelaksanaannya Pemda bekerja sama dengan Bank Sulutgo untuk mengintegrasikan aplikasi Keuangan dan aplikasi Bank Sulutgo dan Alhamdulilah sampai tahun ini semua berjalan dengan baik bahkan Pemerintah Desa sudah kami terapkan CMS secara online,” imbuhnya.

Ia menambahkan, selain itu sistem pembayaran gaji juga kami telah kerjasamakan dengan BSG melalui Payroll, jadi untuk pembayaran Gaji setiap bulannya sudah dibayarkan pada setiap tanggal 1 walaupun itu dihari libur.

“Sedangkan untuk sisi pendapatan kami juga telah bekerjasama dengan BSG khususnya Pengelolaan PBB-P2, hanya saja belum host to host. kedepannya kami akan koordinasikan lagi dgn BSG dalam hal peningkatan pengelolaan PAD, baik Pajak maupun Retribusi Daerah, agar pengelolaan PAD kita benar-benar optimal,” tandasnya.

Terpantau turut hadir, Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., Kepala BPKD Sirajudin Lasena, SE., M.Ec.Dev, Kepala Bapelitbang Abdul Nazarudin Maloho, S.Pd., M.Si dan Jajaran Direksi Bank Sulutgo.

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here