Bolmong

Ditengah Pandemi Covid-19, DBD Intai Warga Bolmong

BOLMORA.COM, BOLMONG – Di tengah hebohnya virus Covid-19 di penjuru tanah air, penyakit Demam Berdarah (DBD) malah mengintai Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Musuh baru ini selalu datang bersamaan musim hujan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bolmong Yusuf Detu meminta kepada warga agar waspada serangan penyakit ini. 

“Mari kita waspadai penyakit demam berdarah,” kata kabid.

Sebut Detu, biasanya DBD meningkat saat musim hujan. Langkah yang diambil pihaknya adalah mensosialisasikan pemberantasan sarang nyamuk 3 M plus. 

“Puskesmas sudah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien penyakit DBD,” katanya

Ia juga menyampaikan cara – cara mencegah DBD. Mulai dari menjaga kebersihan lingkungan rumah secara rutin, terutama tempat penampungan air. Menggunakan obat nyamuk, baik itu obat nyamuk semprot, bakar, atau elektrik, pada pagi dan sore hari. Mengoleskan lotion anti nyamuk. Memasang kasa nyamuk di setiap jendela atau ventilasi udara, agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah. 

Kemudian mengenakan baju lengan panjang dan celana panjang ketika beraktivitas di luar rumah. Tidak menggantung pakaian di dalam kamar, karena bisa menjadi tempat bagi nyamuk untuk bersembunyi. Sampai mendapatkan vaksin demam berdarah.

(Agung)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button