Warga Diminta Segera Melapor Jika Ada Temuan Penyalagunaan Dandes dan ADD

0
387
Inspektorat Akan Periksa LPj Pengelolaan Dandes di 200 Desa se-Bolmong
Kepala Inspektorat Kabupaten Bolmong Rio Lombone
Advertisement

BOLMORA, BOLMONG – Kepala Inspektorat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Rio Lombone, mengajak mesyarakat agar perduli terhadap penggunaan Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Dan jika menemukan indikasi penyelagunaan, diminta kepada masyarakat Bolmong agar langsung melaporkannya.

Rio mengatakan, masyarakat harus berpartisipasi aktif dalam perencanaan‎ pengggunaan Dandes dan ikut mengawasi penggunaan ADD. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan dana yang diberikan pemerintah pusat.

“Karena anggaran Dandes sangat besar, maka dari itu masyarakat harus ikut mengewasi. Cara mengawasinya masyarakat berpatisipasi aktif dalam musyawarah Dandes untuk apa, dan jika ada masyarakat yang menemukan indikasi penyalagunaan dana tersebut, diharapkan melapor dengan cara harus melampirkan fotocopy KTP dan dikirim ke Inspektorat. Setelah tim Inspektorat menerima surat aduan itu, tim akan langsung turun melakukan kroscek,” terangnya, Selasa (31/7).

Menurutnya, saat ini Inspektorat Bolmong membuka layanan pengaduan dari masyarakat terkait pengelolaan Dandes dan ADD. Tujuannya agar kepala desa lebih hati-hati dalam mengelola anggaran.

“Layanan aduan masyarakat itu untuk menyampaikan jika terjadi pelanggaran saat pengelolaan Dandes atau ADD yang dikelola kepala desa,” kata Rio.

Dia menambahkan, tim Inspektorat sudah turun melakukan pemeriksaan realisasi tahun anggaran 2017 lalu. Pemeriksaan itu meliputi pelaksanaan dan realisasi Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2017.

“Dalam pemeriksaan itu tidak ada temuan. Namun, perlu adanya peningkatan penatausahaan sistem administrasi yang lebih baik lagi. Sebab jika kita lihat, rata-rata masih perlu bimbingan lagi,” ungkapnya.

Sehingga itu, sebagai tim audit internal pemerintah daerah, dirinya sangat berharap agar pengelolaan Dandes dan ADD di 200 desa yang ada di Bolmong makin lebih baik.

“Semoga pengelolaan Dandes dan ADD tahun ini akan lebih baik,” imbuhnya.

(agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here