Bolmong

Nikson Watung Pjs Bupati Bolmong, Ashari Plh Lima Hari

BOLMORA, BOLMONG – Ditandai dengan prosesi adat ‘Poponagan Kon Komalig’ atau turun dari istana, yang digelar Kamis (14/7/2016) siang tadi, maka jabatan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Salihi B. Mokodongan dan Yanny R. Tuuk, berakhir. Olehnya, untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di daerah penghasil beras di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR)ini, tentu harus ada penjabat sementara (Pjs) hingga daerah ini memiliki bupati definitif, melalui proses pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Informasi resmi yang diperoleh tim Bolmora. com, salah satu birokrat senior di lingkup Pemprov Sulut, yakni Adrianus Nikson Watung, dipastikan akan menduduki kursi Pjs bupati.

Namun, pelantikan Watung dipastikan tertunda pada 20 Juli mendatang. Pasalnya, saat ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey, masih dalam agenda kunjungan kerja ke luar negeri.

Sehingga itu, untuk mengisi kekosongan top eksekutif di Bolmong selama lima hari ke depan, maka akan diberdayakan salah satu pejabat untuk mengambil alih kepemimpinan di Bolmong. Adalah, Ashari Sugeha, yang saat ini menjabat sebagaui sekretaris daerah (Sekda) Bolmong.

Hal itu dibenarkan Karo Humas dan Pemerintahan Pemprov Sulut Jemmy Kumendong, ketika dihubungi via selulernya, Kamis (14/7/2016).

Kumendong mengatakan, sesuai ketentuan yang berlaku, seorang sekretaris daerah akan menjabat pelaksana harian (Plh) jika belum ada yang menjabat pasca berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati.

“Ya, sambil menunggu pak Gubernur yang saat ini masih di luar negeri, maka  Sekda Bolmong akan ditunjuk sebagai Plh Bupati,” kata Kumendong.

Menurutnya, Jumat (15/7/2016), Ashari Sugeha secara otomatis langsung mengambil alih tugas sebagai Plh, tanpa harus ada SK dari pemprov.

“Secara otomatis dan tak perlu ada SK, Sekda sudah harus bertugas sebagai Plh Bupati Bolmong sejak Jumat besok, sambil menunggu pelantikan Pjs Bupati. ,” jelasnya.

Sementara itu, Ashari Sugeha, ketiak dikonfirmasi terkait informasi tersebut, mengaku sudah menerima telepon dari pihak Pemprov Sulut, jika dirinya ditunjuk sebagai Plh Bupati Bolmong selama kurang lebih lima hari ke depan.

“Saya sudah menerima telepon dari pihak Pemprov. Besok (Jumat, red) saya akan menerima SK sebagai PLh Bupati Bolmong,” ucap Ashari.(gun’s)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button