Menlu Indonesia dan Filipina Bahas Pembebasan Sandera Abu Sayyaf

0
1024
Menlu Indonesia dan Filipina Bahas Pembebasan Sandera Abu Sayyaf
Advertisement

Menlu Indonesia dan Filipina Bahas Pembebasan Sandera Abu Sayyaf

Bolmora, Internasional – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, telah melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Filipina, Perfecto Rivas Yasay. Pertemuan tersebut guna membahas pembebasan sandera asal Indonesia yang ditawan oleh militan Abu Sayyaf.

“Pertemuan dengan Menlu Yasay merupakan hal penting untuk kelanjutan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Filipina dalam upaya pembebasan sandera,” ujar Menlu Retno, Jumat (1/7/2016).

Dalam kesempatan itu, Menlu Retno mengatakan, aksi penyanderaan semacam ini sama sekali tidak dapat ditoleransi dan diminta pada Pemerintah Filipina agar dapat menjamin keamanan di wilayah perairan Laut Sulu. Ia pun menekankan terhadap keselamatan 7 WNI yang disandera merupakan prioritas utama dalam upaya pembebasannya.

Menanggapi hal tersebut, Menlu Yasay yang berkomitmen kuat dalam Pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte, bahwa akan berupaya keras untuk mengakhiri tindakan kriminal yang sering terjadi di Laut Sulu. Terkait pembebasan 7 WNI, Menlu Yasay memastikan bahwa Pemerintah Filipina akan melakukan close coordination dengan otoritas Indonesia.

Seperti diketahui, 7 anak buah kapal tugboat Charles dan kapal tongkang Robby menjadi korban penyanderaan dua kelompok bersenjata di Laut Sulu, Filipina Selatan sejak tanggal 24 Juni 2016 lalu.

Dikutip dari berbagai sumber

Editor : Ady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here