Brigjen TNI-AD Julius Jolly Suawa, Jenderal Asal Sulut yang Kini Jabat Dirsen Pussenarmed

0
2225
Brigjen TNI-AD Julius Jolly Suawa, Jenderal Asal Sulut yang Kini Jabat Dirsen Pussenarmed
Brigjen TNI-AD Julius Jolly Suawa
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Ada tamu istimewa ketika Danpussenarmed Kodiklatad Mayjen TNI-AD Totok Imam Santoso, berkunjung ke Batalyon Artileri Medan 19/105 Tarik Bogani, Selasa (29/6/2021), di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut). 

Dia adalah Brigjen TNI-AD Julius Jolly Suawa, yang adalah salah satu Putra Terbaik Asli Sulut. 

Julius J. Suawa yang saat ini menjabat sebagai Direktur Kesenjataan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Dirsen Pussenarmed) adalah pria yang tumbuh di Kota Tomohon.

Jenderal satu bintang ini adalah seorang prajurit kelahiran Manado pada tanggal 3 Juli 1968. 

Jolly Suawa yang adalah suami dari Ir. Imelda Saroinsiong, kini dikaruniai dua orang anak yang bernama Filicia G Suawa dan Gavrila Suawa.

Selain murah senyum, prajurit TNI yang satu ini juga sangatlah mahir dalam bahasa Inggris. Ia bahkan telah menyelesaikan beberapa jenjang pendidikan militernya.

Di antaranya Seskoad pada tahun 2004, Sesko TNI pada tahun 2014, hingga berhasil menempuh pendidikan Lemhanas pada tahun 2018. Sejumlah jabatan penting pun pernah diemban oleh Brigjen TNI Jolly Suawa. Mulai dari jabatan di Batalyon, Teritorial, jabatan sebagai Danmenarmed 1/2 Kostrad, hingga saat ini Dirsen Pussenarmed. 

Dirsen Pussenarmed sendiri memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pembinaan Alutsista Armed terhadap satuan jajaran Armed yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Sebagai seorang prajurit, Brigjen TNI Jolly Suawa, mempunyai visi untuk cabang Armed di kemudian hari. 

“Saya mempunyai visi untuk mewujudkan Satuan Armed yang professional, serta memiliki kemampuan tembakan Long Range and High Precision. Sehingga negara Indonesia menjadi negara yang disegani dunia,” tegasnya ketika ditemui Bolmora.com, Selasa (29/6/2021). 

Bahkan, dalam setiap melaksanakan tugasnya, ayah dua anak ini selalu berprinsip ‘Lakukan Yang Benar dan Berikan Pengabdian Terbaik Tanpa Batas’.

Dari prinsip ini sehingga tak heran jika satuan Armed saat ini telah menjadi sorotan dunia. Bahkan sangat diperhitungkan baik dari segi kemampuan teknologi yang dimilikinya maupun dari profesionalitas Prajuritnya.

“Jangan ragu jika itu benar, selain itu selalu berikan pengabdian terbaik sebagai seorang prajurit, niscaya apa yang kita targetkan akan tercapai,” tegasnya. 

Sewaktu mendampingi, Danpussenarmed Kodiklatad Mayjen TNI Totok Imam Santoso di Yon Armed 19/105 Tarik Bogani, memeriksa kesiapan Alutsista berupa Meriam 105 mm/Tarik beserta perlengkapannya. 

Ia menyampaikan jika satuan tersebut akan mendapatkan dukungan tujuh unit Kendaraan Penarik Meriam jenis MAZ dari Belarusia, dengan kemampuan yang tangguh untuk memobilisasi meriam dalam melaksanakan tugas penembakannya.    

“Pastinya ini akan sangat membantu bagi Batalyon Armed 19/105 Tarik Bogani dalam melaksanakan tugas penembakan,” tegasnya. 

Sebagai putra Kawanua, Jolly Suawa juga mengajak anak-anak muda di Sulut untuk terus berkarya dengan menjadi prajurit TNI.

“Ayo banggakan Sulut dengan prestasi. Karena masa depan bangsa ada di pundak para anak muda,” tegasnya.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here