Pilsang Serentak di 72 Desa Se-Bolmut Segera Digulir, 9 Sampai 14 Juni Panitia Dibentuk

0
8
Pilsang Serentak di 72 Desa Se-Bolmut Segera Digulir, 9 Sampai 14 Juni Panitia Dibentuk
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bolmut Fadly Tadjudin Usup, SE.MM,
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMUT — Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di 72 Desa yang tersebar di 6 Kecamatan Se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) segera digulir dan mulai memasuki tahapan serta tinggal menunggu SK Bupati Bolmut.

Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bolmut Fadly Tadjudin Usup, SE.MM, pada Media Bolmora.com, Senin (07/06/2021).

“SK tahapan pilsang sementara berproses, kemudian ditandatangani oleh pimpinan daerah dalam hal ini Bapak Bupati Bolmut Drs.Hi.Depri Pontoh, setelah itu baru diumumkan ke publik,” ucap Fadly.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk pembentukan panitia pemilihan akan dimulai sejak tanggal 9 Juni sampai 14 Juni tahun 2021.

“Panitia pemilihan boleh berasal dari semua unsur di desa, kecuali BPD. Karena, mekanismenya BPD mengundang secara tertulis maupun lisan kepada seluruh unsur masyarakat di desa melalui penjabat Sangadi dalam rangka musyawarah pembentukan panitia pemilihan Sangadi,” jelas Fadly.

Masing-masing desa juga akan mendapatkan bantuan keuangan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut, untuk penyelenggaraan Pilsang Serentak.

“72 Desa yang menyelenggarakan Pilsang Serentak melalui Panitia Pemilihan Sangadi yang telah terbentuk di masing-masing desa, harus membuat proposal yang diajukan kepada Bapak Bupati melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut, kemudian ditransfer ke kas desa, selanjutnya ke panitia pemilihan Sangadi. Untuk besarannya masih dikaji,” imbuhnya.

Fadly menambahkan, untuk syarat dan ketentuan bakal calon Sangadi, panitia mengacu pada Permendagri 112 Tahun 2014.

“Untuk bakal calon Sangadi, silahkan pelajari Permendagri 112 Tahun 2014,” jelasnya. 

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here