Boltim

15 Orang KERT dengan Pasien Positif Covid-19 Asal Buyat Dilakukan Rapid Test

BOLMORA.COM, BOLTIM – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Desa Buyat Tengah, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sudah berada di Buyat Minggu (14/6/2020) dini hari, sebelum hasil swabnya diumumkan oleh gugus tugas Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (18/6/2020). Hal tersebut diakui oleh salah satu keluarga pasien kepada Bolmora.com.

“Yang bersangkutan dijemput orang tuanya menggunakan motor pada hari Sabtu (13/6/2020), setelah selesai diisolasi di rumah singgah yang berada di Maumbi dan tiba di Buyat pada Minggu dini hari sekitar pukul 02:00 WITA,” ungkap salah satu keluarga yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Informasi yang didapatkan, pasien tersebut telah dijemput oleh tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Boltim dan dibawa untuk di isolasi di Rumah Sakit Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), pada Jumat (19/6/2020) sekitar pukul 09:00 kemarin.

Dinas Kesehatan Boltim pun langsung melakukan tracking kepada warga yang sempat kontak dengan pasien sebelum dirinya diisolasi dan didapatkan ada beberapa keluarga yang merupakan Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT).

Berdasarkan pantauan, beberapa keluarga yang KERT dengan pasien langsung di rapid test di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Buyat, Sabtu (20/6/2020) pagi tadi.

“Ada 15 orang yang masuk dalam KERT diambil sampel darahnya untuk di rapid test,” ungkap Kepala PKM Buyat dr. Corry Kapoh.

Dirinya menerangkan, keluarga yang sempat kontak dengan pasien langsung diberikan edukasi untuk melakukan isolasi mandiri.

“Mereka kami minta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. Mudah-mudahan hasilnya tidak ada yang reaktif. Jika ada, pasti akan dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab,” terangnya.

(Tim Redaksi)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button