54 Peserta Seleksi Terbuka JPT Pratama Bolmong Ikuti Assessment Lanjutan

0
211
54 Peserta Seleksi Terbuka JPT Pratama Bolmong Ikuti Assessment Lanjutan
Tampak Sekda Bolmong Tahlis Gallang saat membuka kegiatan Assessment bagi 54 peserta seleksi terbuka JPT Pratama di lingkungan Pemkab Bolmong

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali menggelar assessment test lanjutan bagi 54 peserta rekrutmen terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.

Kegiatan JPT Pratama Pemkab Bolmong ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Senin (24/6/2019), bertempat aula lantai dua Hotel Sutanraja Kotamobagu.

Tampak suasana pembukaan Assessment

Sekda Tahlis Gallang, yang bertindak sebagai Ketua Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama Tahun 2019, dalam sambutannya saat membuka kegiatan, meminta kepada seluruh peserta untuk serius mengikuti tahapan tes.

“Pelaksanaan assessment ini dijadwalkan tiga hari. Harap semua peserta dapat mengikuti dengan serius setiap tahapan tes yang akan diujikan oleh tiga orang penilai atau assessor,” katanya.

Sekda juga berpesan agar peserta selalu menjaga kesehatan selama pengujian berlangsung.

“Semua peserta agar lebih memperhatikan kesehatan saat menggikuti kegiatan JPT,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua tim penilai atau assessor dari PPSDM Muhammad Khaidir, mengutarakan kebanggaannya, karena diberi kesempatan menjadi satu dari tiga tim penguji untuk 54 peserta yang dinilai sangat berkompeten di bidangnya.

“Kegiatan ini juga memberikan nilai jihad kepada kita semua. Yang akan kami uji, apakah betul peserta sesuai dengan instansi yang dilamar, memiliki kompetensi,” ungkapnya.

Para peserta tampak serius mendengarkan sambutan dari Sekda Tahlis Gallang, selaku ketua panitia

Menurut dia, di dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, disebutkan bahwa setiap ASN harus memiliki kompetensi.

“Ada tiga kompetensi yang disebutkan dalam undang-undang itu. Yang pertama adalah kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial cultural,” katanya

Diketahui, kegiatan ini digelar selama tiga hari mulai dari Senin (24/6) hingga Rabu (26/6) di Hotel Sutanraja Kotamobagu. 

Peserta akan diuji secara tertulis, wawancara dan praktek. Assesment test ini merupakan salah satu syarat bagi mereka yang akan atau calon menduduki JPT/eselon II.

Tampak para peserta serius mendengar pengarahan dari para penilai atau assessor

Dalam assesment test ini, terdapat beberapa komponen penilaian yakni, 

(1) Kompetensi Teknis, yaitu mengukur tingkat dan spesialisasi pendidikan, pernah mengikuti pelatihan teknis fungsional, dan pengalaman bekerja secara teknis. 

(2) Kompetensi Manajerial, yaitu diukur tingkat pendidikan, diklat struktur dan manajemen, dan pengalaman kepemimpinan.

(3) Kompetensi Sosial Cultural, terkait dengan pengalaman bekerja dalam  kemajemukan masyarakat baik, suku, agama maupun budaya.

(4) Kompetensi Pemerintahan. 

Diketahui, yang bertindak sebagai tim assessor atau penilai yang akan menguji kompetensi peserta sesuai dengan yang dilamar, terdiri dari tiga orang dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Makassar, di antaranya Muhammad Khaidir, Lendrawati, dan Dinarwati.

(Advertorial/Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here