BPKD Bolmut dan KPP Pratama Kotamobagu Gelar Pelayanan Pojok Pajak

0
389

BOLMORA.COM, BOLMUT – Momen Festival Destinasi Pantai Wisata Batu Pinagut, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bekerjasama dengan KPP Pratama Kotamobagu, menggelar stand pojok pajak untuk e-Filling, Pelaporan SPT Masa dan Tahunan, Konsultasi Perpajakan, serta pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi masyarakat wajib pajak.

Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Rakyat yang membayar pajak tidak akan merasakan manfaat dari pajak secara langsung, karena pajak digunakan untuk kepentingan umum, bukan untuk kepentingan pribadi, ucap Kepala BPKD Bolmut Sirajudin Lasena, SE. M.Ec. Dev, saat dikonfirmasi media BOLMORA.COM, diruang kerjanya, Jumat (21/6/2019).

“Jika seseorang sudah memenuhi syarat subjektif dan syarat objektif, maka wajib untuk membayar pajak. Dalam undang-undang pajak sudah dijelaskan, jika seseorang dengan sengaja tidak membayar pajak yang seharusnya dibayarkan, maka ada ancaman sanksi administratif maupun hukuman secara pidana,” terangnya.

Terpisah, Account Representative Seksi Pengawasan dan konsultasi 1 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kotamobagu, Bravi Brevli Assa saat ditemui distand pojok pajak BPKD mengatakan, Berdasarkan UU KUP NOMOR 28 TAHUN 2007, pasal 1, ayat 1, pengertian Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat

“Artinya, setiap orang memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk warga negara yang sudah memenuhi syarat subjektif dan syarat objektif. Yaitu warga negara yang memiliki Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) lebih dari Rp4.500.000 per bulan. Jika Anda adalah karyawan/pegawai, baik karyawan swasta maupun pegawai pemerintah, dengan total penghasilan lebih dari Rp4,5 juta, maka wajib membayar pajak. Jika Anda adalah wirausaha, maka setiap penghasilan akan dikenakan pajak sebesar 0,5 persen dari total penghasilan kotor/bruto, berdasarkan PP 36 tahun 2018,” jelasnya.

“Kami telah melakukan pelayanan pendaftaran NPWP sejak hari rabu (19/06) sampai jumat (21/06), jadi harapannya masyarakat Bolmut khususnya wajib pajak agar datang ke stand yang sudah disediakan oleh BPKD Bolmut. Pun demikian, jika belum sempat mendaftar, maka masyarakat boleh datang langsung ke kantor kecamatan kaidipang, karena setiap bulan di minggu kedua, KPP selalu membuka pojok pajak untuk keperluan masyarakat Bolmut yang wajib pajak,” tutup Bravi.

(Awall)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here