Pemkab Bolmong Bakal Gandeng Aparat Hukum Lakukan Penarikan Aset

0
429
Pemkab Bolmong Bakal Gandeng Aparat Hukum Lakukan Penarikan Aset
Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bolmong Fico Mokodompit

BOLMORA.COM, BOLMONG – Setelah mempublish nama-nama oknum mantan pejabat yang menguasai aset, kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mengambil langkah yang lebih tegas, yakni akan melakukan penarikan secara langsung.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Fico Mokodompit mengatakan, nama-nama mantan yang telah dipublish diharapkan untuk segera mengembalikan aset milik Pemkab Bolmong.

“Kami harapkan mereka (mantan pejabat), untuk segera mengembalikan aset yang ditahan,” ujar Fico, Selasa (11/06).

Fico mengungkapkan, aset-aset tersebut jika tidak dikembalikan maka pihaknya akan melakukan penelusuran lebih lanjut serta melakukan penarikan.

“BKD tetap akan melakukan penelusuran dan penarikan terhadap aset yang masih dikuasai oleh para mantan pejabat atau ASN yang telah pindah tugas,” ungkap Fico.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Brang Daerah. Irawan Vanny mengungkapkan, nama – nama pemegang aset sengaja di mempublish agar pemegang aset sadar untuk mengembalikan aset tersebut. Jika saat pemjamputan aset dilakukan dan tidak juga di indahkan, pihaknya akan menggandeng Aparat Penegak Hukum (APH) untuk penarikan aset yang masih di tahan oleh ASN yang pindah tugas atau mantan pejabat.

“Kalau mereka tidak koperatif setelah dipublish nama-namanya, maka kita akan lakukan penarikan bersama oleh aparat penegak hukum, jika barangnya suda hilang adan dibuatkan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) atas barang tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai instruksi Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, agar masalah aset diselesaikan secepatnya.

“Untuk itu kita akan tegas dalam masalah aset,” katanya.

Sementara itu, diketahui data dibeberkan oleh BKD Bolmong, mantan pejabat Bolmong yang masih menguasai aset berupa kendaraan roda empat dan dua cukup banyak.

Mulai mantan wakil bupati, mantan wakil wali kota,mantan kepala dinas, hingga mantan camat, ada pun ASN yang telah berpindah tugas.(agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here