Pemkot Kotamobagu Segera Terapkan Perda Kos-Kosan

0
95

Pemkot Kotamobagu Segera Terapkan Perda Kos-Kosan

Setiap Pemilik Kos-Kosan Akan Ditagih 10 Persen

Bolmora, Kotamobagu – Setelah beberapa waktu lalu melakukan penggodokan terhadap Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak perhotelan termasuk kos-kosan di tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), kini perda tersebut telah dikembalika ke Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, untuk segera diterapkan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) melalui Kepala Bidang Pendapatan Hamka Daun, saat bersua dengan wartawan Bolmora.com, Jumat (24/06/2016).

“Surat keputusan gubernur atas hasil evaluasi Perda tersebut sudah keluar, Namun, masih dilakukan koreksi atau penyesuaian ulang,” kata Hamka.

Kalau sudah usai dilakukan korekasi maka akan segera diterapkan. Hamka memperkirakan penerapan Perda tersebut sudah bisa diberlakukan pada Juli mendatang. Agar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditetapkan sebesar Rp31 miliar dapat tercapai dengan tambahan pajak perhotelan dan kos-kosan ini.

“DPPKAD akan terlibat langsung dalam mengoreksi perda yang saat ini sedang dilakukan Bagian Hukum,” jelasnya.

Adapun besaran pajak yang akan ditagih adalah sebesar 10 persen. Sebelumnya, DPPKAD sudah memberitahukan ke pemilik kos-kosan terkait pajak tersebut, dan mendapat respon positif. Dari data yang ada, sebanyak 80 tempat kos-kosan yang di Kota Kotamobagu yang dinilai layak untuk ditagih pajak 10 persen sesuai Perda baru. Dalam proses penagihan,  petugas pajak DPPKAD akan langsung turun langsung menagih.

“Oleh karena itu, para pemilik kos-kosan sudah harus ikut menyesuaikan,” tambah Hamka.(frian)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here