Pekan Depan, Gaji ke-13 dan THR Dicairkan

0
288
Advertisement

Pekan Depan, Gaji ke-13 dan THR Dicairkan

ASN Kotamobagu Mandi Duit

Bolmora, Kotamobagu – Mulai pekan depan, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu akan segera menerima gaji ke-13 dan 14. Pun demikian dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Hal itu menuyusl turunnya petunjuk teknis (Juknis) pencairan gaji ke-13 dan gaji ke-14 atau THR.

Dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu Tahlis Gallang, juknis pencairan gaji ke-13 dan THR sudah dikantongi Pemkot Kotamobagu. Bahkan, telah disampaikan ke masing-masing pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar segera melakukan proses dengan menyiapkan dukumen pencairan.

“Juknisnya sudah ada. Setiap SKPD sudah diberitahu agar segera melakukan proses pencairan. Bendahara di masing-masing SKPD diminta secepat mungkin memasukkan dokumen. Lebih cepat, lebih bagus,” jelas Gallang, ditemui wartawan Bolmora.com, Kamis (23/06/2016) siang tadi.

Dihubungi via seluler Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Setdakot Kotamobagu Rio Lombone, mengungkapkan bahwa proses pencairan gaji ke-13 mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Permenkeu-RI) Nomor 96 Tahun 2016, sedangkan untuk gaji ke-14 atau THR sesuai dengan Peremenkeu Nomor 97 Tahun 2016.

“Anggaran yang disiapkan Rp20 miliar. Jika diklasifikasikan, untuk pembayaran gaji 13 dihitung sesuai gaji pokok ditambah dengan seluruh tunjangan. Jadi, kalau hitungannya berpatokan pada gaji bulan Juni, maka anggarannya sekitar Rp11 miliar. Untuk gaji ke -14 kita belum ada hitungan. Hanya gaji pokok. Jadi bisa dikisaran tiga perempat dari gaji ke-13 atau sekitar Rp8-9 miliar,” urai Rio.

Capat lambatnya proses pencairan tergantung dari SKPD masing-masing. Makanya, diminta kepada bendahara di masing-masing SKPD segera melengkapi dan memasukkan dokumen yang diperlukan,” imbuh Rio.

Untuk teknis pencairannya, tergantung mekanisme yang berlaku di daerah. Namun sesuai juknis Permenkeu, kedua gaji tersebutdapat dicairkan bersamaan.

“Awal pekan depan sudah bisa memasukkan dokumen pencairan,” tambahnya.(frian/ady)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here