Indonesia Berencana Beli Kapal Selam dan Jet Amfibi dari Rusia

0
916
Indonesia Berencana Beli Kapal Selam dan Jet Amfibi dari Rusia
Advertisement

Indonesia Berencana Beli Kapal Selam dan Jet Amfibi dari Rusia

Bolmora, Internasional Indonesia berencana membeli dua kapal selam dan pesawat jet amfibi dari Rusia. Rencana ini disampaikan Duta Besar Indonesia bernama Mohamad Wahid Supriyadi untuk Rusia.

“Kami benar-benar berencana untuk membeli kapal selam Kilo-class dan pesawat amfibi yang dikembangkan oleh biro desain Sukhoi dari Rusia,” katanya kepada kantor berita Itar-Tass, hari Senin.

”Kami sedang bekerja pada pembelian tersebut,” katanya lagi. ”Spesialis Rusia yang relevan akan diundang ke Indonesia.”

Menurut diplomat Indonesia ini, Jakarta tertarik untuk mengembangkan kerjasama militer dan teknis dengan Moskow.

”Produk Rusia di bidang pertahanan dan sektor industri tidak kalah dengan analog Barat. Perlu dicatat keberhasilan yang cukup dari Rusia di bidang kerjasama militer dan teknis,” ujar Mohamad Wahid.

”Kami berharap untuk interaksi yang dekat di bidang ini,” lanjut dia.

Menurutnya, Indonesia tertarik untuk membeli dua kapal selam Rusia.

Kapal selam Kilo-class Rusia diklasifikasikan NATO sebagai kapal selam Project 636 Varshavyanka, sebuah kapal selam diesel-listrik.

Kepala Rosoboronexport, Vladimir Yereschenko, mengatakan kepada Itar-Tass pada forum Defence Services Asia 2016 Arms Show (DSA 2016), kapal selam Project 636,3, kapal selam Amur-1650, kapal selam Project 11.356 (Krivak-V-class) dan frigat Gepard-3,9 (Gepard) merupakan produk yang paling menjanjikan untuk dipromosikan di Asia-Pasifik.

Rusia sebelumnya dilaporkan siap untuk memulai pengiriman pesawat Amfibi Be-200ChS yang diproduksi oleh Beriyev Aircraft Company yang berbasis di Taganrog ke Indonesia.

”Kami berharap bahwa kontak dengan Indonesia akan menjadi salah satu kontrak pertama di bidang kerjasama militer dan teknis. Kami mencatat minat besar dari pembeli asing. Animo ini dijelaskan oleh keunikan dan kemampuan pesawat itu. Ini adalah jet amfibi tunggal,” imbuh Presiden United Aircraft-Manufacturing Corporation (UAC) Rusia, Yuri Slyusar kepada Itar-Tass, yang dikutip Selasa (31/5/2016).

Editor : Ady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here