Sejarah Baru Dikepemimpinan OD-SK, 15 Kabupaten dan Kota di Sulut Raih Opini WTP dari BPK RI

0
Sejarah Baru Dikepemimpinan OD-SK, 15 Kabupaten dan Kota di Sulut Raih Opini WTP dari BPK RI
Foto bersama Gubernur, wakil gubernur dan para kepala daerah se-Sulut, serta pejabat BPK RI usai penyerahan LHP
Advertisement

BOLMORA.COM, SULUT – Sejarah baru bagi pemerintahan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam pengelolaan keuangan tahun anggaran 2021, di bawah kepemimpinan pasangan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Steven O.E. Kandouw. Untuk kali pertama, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dan 15 Kabupaten/Kota di Bumi Nyiur Melambai mendapatkan opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021.

Opini tersebut terjadi kenaikan dibanding LKPD tahun 2020. Di mana, masih ada daerah yang mendapatkan Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan Disclaimer.

Dalam kesempatan ini, Pius Lustrilanang menyampaikan selamat kepada Pemprov Sulut dan 15 kabupaten/kota yang berhasil meraih Opini WTP atas LHP terhadap LkPd tahun anggaran 2021.

“Hasil ini tentunya upaya dari pemerintah daerah yang mau belajar dengan daerah-daerah yang sudah meraih WTP, untuk dan memperbaiki tata kelola keuangan, juga kerja sama yang baik dengan BPKP dan BPK,” ungkapnya.

Semwntara, Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Karyadi mengatakan, prestasi WTP yang telah diraih semua entitas merupakan hasil dari kerja keras seluruh pemerintah.

“Ini bukan tujuan akhir, mari kita buktikan WTP dapat bermanfaat dan menjadi indikator mendongkrak kesejahteraan masyarakat,” pesan Karyadi.

Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang sudah terjalin.

“Mohon maaf bila dalam pemeriksaan ada hal yang kurang berkenan,” tandasnya.

Gubernur Olly Dondokambey, selaku kepala eksekutif di wilayah Sulut menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintahan di kabupaten dan kota yang bisa bersinergi positif dengan Pemprov Sulut.

“Sinergitas ini dibuktikan dengan pencapaian opini WTP yang menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan berlangsung baik sesuai standar kewajaran,” pungkad Olly.

Adapun penyerahan Opini WTP dari LHP atas LKPD tahun anggaran 2021 dilangsungkan di aula kantor BPK RI Perwakilan Sulut, Jalan 17 Agustus Manado, Jumat (13/5/2022).

Berikut 15 kabupaten dan kota di Sulut yang meraih opini WTP:

Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra),Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, dan
Kota Kotamobagu.

(Gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here