Sambut Ramadhan, Warga Kecamatan Bolaang Mandi Safar di Pantai Inobonto

0
642
Sambut Ramadhan, Warga Kecamatan Bolaang Mandi Safar di Tepi Laut
Warga Kecamatan Bolaang Mandi Safar di Pantai, Dalam rangka menyambut Bulan Ramadan/Foto: Agung
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Menyambut Bulan Suci Ramadan 1440, masyarakat pesisir Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), melakukan mandi safar di tepi laut, Minggu (5/5) sore.

Pantauan BOLMORA.COM, pantai di beberapa desa, sejak pukul 15.00 Wita, sudah dipadati massa. Salah satunya di Desa Inobonto, mulai dari orang tua, remaja dan anak-anak pun antusias mengikuti pelaksanaan ritual mandi safar.

Kegiatan ini merupakan tradisi budaya asli warga setempat, dan sudah berlangsung sejak zaman dahulu, serta dilaksanakan setiap tahunnya menjelang puasa Ramadhan.

“Mandi safar dilaut, tujuannya untuk mensucikan diri, dalam menyambut bulan suci ramadhan. Kegiatan ini tradisi kakek dan nenek moyang kami, yang hingga kini masih dijaga,” ungkap Olfin Paputungan warga Desa Ambang.

Menurutnya, mandi safar biasanya dilakukan sehari sebelum puasa Ramadan, dan dulunya warga dari beberapa desa datang, dan melakukan mandi di tepi laut secara bersama.

“Dulunya ada 13 desa datang ke pantai inobonto, tapi dengan dimekarkannya sisa ada enam desa saja masih melaksanakan mandi safar, karena warga lain melaksanakan tradisi ini di pantai di desa masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu. Padeng Mamonto warga Desa Inobonto Satu menambahkan, bawa sebelum mandi safar, warga akan disirami air laut oleh seorang imam masjid. “Biasanya, sebelum kita mandi, harus minta disiram air laut oleh imam. Setelah itu kemudian barulah kita mandi di laut,” ungkapnya (Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here