Sejumlah Anggota Deprov Sulut tak Lakukan Reses

0
Advertisement

Sejumlah Anggota Deprov Sulut tak Lakukan Reses

Bolmora, Manado

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Andrei Agouw, angkat bicara soal tanda tanya wajib tidaknya seorang anggota dewan melakukan reses. Bagaimana tidak, diketahui selang dimulainya masa penyerapan aspirasi rakyat atau dikenal dengan reses, ada beberapa personel anggota DPRD Sulut yang tidak menggunakan anggarannya. Hal itu pun mengindikasikan jika selama ini para penghuni gedung cengkeh tidak melakukan salah satu tugasnya sebagai wakil rakyat.

Dijelaskan Andrei, memang sesuai tata tertib DPRD, masa reses tidak wajib dijalankan oleh anggota dewan. Hanya, anggota DPRD secara perseorangan atau kelompok wajib membuat laporan tertulis atas hasil pelaksanaan tugasnya sebagai wakil rakyat berdasarkan daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

“Yang tertulis dalam tata tertib DPRD yang ada hanya wajib membuat laporan tertulis, bukan melakukan reses. Jadi, kalau ada anggota DPRD yang melakukan reses, artinya dia wajib membuat laporan tertulis,” jelasnya.

Menurut Andri, memang kegiatan reses masuk anggaran pemerintah. Namun, aturan di sini tidak menegaskan bahwa reses wajib dilaksanakan.

“Bisa saja seorang anggota dewan melaksanakan reses, karena memang itu sudah menjadi tugasnya sebagai wakil rakyat, untuk menampung aspirasi masyarakat. Akan tetapi, jika rentang waktu itu kemudian anggota dewan tiba-tiba sakit bagaimana?,” tandasnya.

Memang, reses harus dilakukan secara berkala. Makanya, ketika para anggota dewan pulang ke dapilnya masing-masing, terkadang mendapat aspirasi dari masyarakat, sehingga itu yang dinamakan reses.

“Saya tegaskan lagi, jika reses harus dilakukan, sementara ada yang mengatakan saya setiap hari pulang kampung menyerap aspirasi bagaimana?. Berapa banyak anggaran yang harus dikeluarkan pemerintah kalau setiap pulang kampung saya melakukan reses,” imbuh politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.(mg-01/ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here