Sosok Kartini di Polres Bolmong

0
63
Sosok Kartini di Polres Bolmong
Kpolres Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu, SH, MH.
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG — Tepat tanggal 21 April 2021 bangsa Indonesia memperingati hari tokoh perempuan. Tokoh yang menjadi simbol perjuangan perempuan itu tidak lain dan tidak bukan, adalah RA Kartini.

R.A Kartini adalah sosok pelopor emansipasi bagi perempuan. Ia ingin perempuan memiliki kesamaan derajat dengan lelaki dalam segala pemenuhan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Untuk mengenang jasa kepahlawanannya, tanggal 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini.

Di Polres Bolmong ada AKBP Dr Nova Irone Surentu, SH, MH. Sosok kartini yang satu ini merupakan kapolres perempuan pertama di Bolmong. 

Diketahui, wanita dengan latar belakang pendidikan hukum ini sebelumnya menjabat sebagai  Kasubdit Sunluhkum Polda Metro Jaya.

Diketahui kartini yang satu ini pernah mendapat penghargaan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana saat itu, karena berhasil memenangkan perkara dalam gugatan Praperadilan pada 2019 lalu.

Senyum AKBP Nova Surentu selalu terlihat ketika bertemu dengan masyarakat. Namun, dibalik senyumannya itu tersimpan ketegasan ketika memberikan arahan kepada seluruh personel di Polres Bolmong.

Kartini yang satu ini juga dikenal sangat dekat dengan masyarakat, beberapa kali ia juga terlihat membantu masyarakat, seperti pada korban kebakaran yang terjadi di Desa Doloduo Induk Kecamatan Dumoga Barat, Rabu (24/02/2021) lalu.

”Sebagai seorang wanita, sifat mengayomi itu suatu kewajiban. Tugas saya sendiri juga mengayomi masyarakat,” kata AKBP Nova

Menurutnya, Kartini masa kini harus kuat, cerdas dan kreatif. Menurutnya, sikap perempuan harus mampu menjadi diri sendiri  dan dapat mewujudkan keinginan untuk membantu sesama perempuan.

“Kartini masa kini adalah Kartini yang luar biasa sangat menginspirasi. Kartini yang modern yang sudah mampu mengapresiasi atau mengekspresikan diri sendiri. Selain itu mampu untuk tampil bahwa wanita memiliki peran penting di lingkungan, masyarakat dan negara,” ujarnya

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here