Yasti dan 7 Sosok Kartini di Bolmong

0
1
Yasti dan 7 Sosok Kartini di Bolmong
Sosok Kartini di lingkup Pemkab Bolmong
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG — Hari ini, tanggal 21 April 2021 merupakan hari istimewa bagi kaum perempuan di seluruh Indonesia. Hal ini berkat perjuangan dan pemikiran Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau lebih dikenal dengan RA. Kartini.

Untuk mengenang jasa dan perjuangan tokoh perempuan, pemerintah pun menetapkan hari nasional RA Kartini setiap tanggal 21 April sebagai simbol perjuangan perempuan.

Kartini adalah pelopor emansipasi bagi perempuan. Ia ingin perempuan memiliki kesamaan derajat dengan lelaki dalam segala pemenuhan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Untuk mengenang jasa kepahlawanannya, tanggal 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini.

Di Kabupaten Bolmong ada sosok Kartini yang tak lain adalah Bupati Bolmong Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow. Yasti bisa disebut Kartini sebab ia juga memperjuangkan pembangunan Bolmong, seperti halnya infrastruktur hingga pembukaan industri, tujuannya untuk membuka puluhan ribu lapangan pekerjaan untuk putra putri Bolmong. Ini sama halnya dengan perjuangan Kartini. Beberapa hal yang telah berhasil diraih Yasti, diantara lain, Kabupaten Bolmong berhasil meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setelah sekian lama Bolmong terjebak Opini Disclaimer, meski begitu Yasti belum puas. Ia menargetkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK, 

Yasti juga berhasil mendatangkan investasi sebesar 160 Triliun untuk Kawasan Industri Mongondow (Kimong), sasarannya adalah terbukannya lapangan pekerjaan dan ekonomi masyarakat meningkat.

Yasti juga berhasil menikan pertumbuhan ekonomi di Bolmong, seperti melansir data dari Bappeda Bolmong, pertumbuhan ekonomi di bolmong 2017 mencapai 6,19 persen angka ini terus naik hingga tahun 2020 yakni menjadi 7,2 persen. Yasti menargetkan di tahun 2022 naik kembali menjadi 7,51 persen.

Masih banyak penghargaan lain yang diraih oleh Yasti, namun sosok Kartini di Bolmong tidak mau berpuas diri dan masih ingin membangun Bolmong lebih baik.

Yasti juga memiliki para kartini lain yang membantu menjalankan pemerintahannya. Berikut sosok mereka

1. Ramlah Mokodongan SE, MSI merupakan Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM), Sosok Kartini yang satu ini baru dilantik belum lama ini di posisinya yang baru. Sebelum menjabat kepala DPESDM, sosok kartini ini menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) 

2. Ir Hj Channy Wayong, sosok Kartini yang satu ini merupakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), sebelum di PUPR, sosok kartini ininjuga perna menjabat Kepala BPBD dan Kepala Dinas Pertanian. 

3. Fyfiannie Ismayanty Soepredjo, sosok Kartini yang satu ini merupakan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Belum lama menduduki posisi tersebut, Yanti sapa akrab sosok kartini ini berhasil mengharumkan Dinas tersebut, bagaimana tidak pada Kegiatan Monitoring Center For Prevention (MCP) Koordinasi dan Supervisi Pencegah (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2020 menempatkan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bolaang Mongondow terbaik ke 1 di Sulawesi Utara dan 10 besar se Indonesia sebagai instansi pelayanan.

4. HJ. Farida Mooduto S.Pd MM. Sosok kartini yang satu ini saat ini menjabat Kepala Dinas pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PP dan PA). Semasa menjabat Kadis DP3A Bolmong, Farida dikenal militan membela perempuan dan anak. Ia turun langsung menjumpai korban perempuan dan anak, memberi pendampingan psikologis serta mengawal proses hukum kasus tersebut. Di masa Covid, Farida tak surut. Melihat korban enggan melapor karena lock down, ia memilih turun jemput bola. 

Sosok kartini yang satu ini guja sering menerima penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional. Belum lama ini Ia juga dianugerahi penghargaan Women of the Year 2020 dari International Human Resources Development Program (IHRDP)

5. Sumarni B Bonde, SE, Kartini yang satu ini menjabat sebagai,  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bolmong. Sebelumnya kartini yang dikenal dekat dengan masyarakat ini menjabat sebagai Camat Dumoga Barat. 

6. Dra Hj Ulfa Paputungan MM sosok Kartini yang satu ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Asisten III dan Kadis Pendidikan dan sejumlah jabatan lainnya.

7. DR. Deyselin T. Wongkar, SE., M.Si, sosok Kartini yang satu ini menerima SK PLT Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) tepat pada peringatan hari kartini, saat ini ia juga menjabat sebagai sekertaris DPMD. Sebelumnya, Deyselin yang dikenal anggun ini menjabat sebagai Camat Lolak.

(Agung Dondo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here