Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Pengelolaan Simpul Jaringan Informasi Kearsipan Nasional

0
Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Pengelolaan Simpul Jaringan Informasi Kearsipan Nasional
Mohammad Suja Alamri saat membacakan sambutan bupati

BOLMORA.COM, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, diwakili  Asisten II Mohammad Suja Alamri, membuka Bimtek Pengelolaan Simpul Jaringan Informasi Kearsipan Nasional, di lingkungan Pemkab Bolsel, yang dilaksanakan di Balai Desa Daopeyago, Desa Popodu Kecamatan Bolaang Uki, Selasa (6/4/2021).

Dalam arahan bupati yang dibacakan Asisten II menyampaikan bahwa, pengaturan semua jenis arsip, seperti arsip dinamis, arsip inaktif dan arsip statis di Kabupaten Bolsel masih belum dikelola sebagaimana mestinya. 

“Arsip dinamis yang terdiri dari arsip vital, arsip aktif, arsip inaktif. Untuk Arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip dan memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan serta Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Begitu pula presentase jumlah arsip yang dimasukkan dalam Sistem Arsip Nasional melalui Jaringan Informasi Kearsipan Nasional masih sangat rendah. 

“Hal ini salah satunya dikarenakan SDM kearsipan masih kurang memadai,” pungkasnya.

Lanjutnya, oleh karenanya kegiatan Bimtek arsip saat ini sangat tepat diselenggarakan sebagai sarana peningkatan pengetahuan tentang kearsipan. 

“Bupati minta para peserta Bimtek mengikuti dengan baik kegiatan ini hingga selesai dengan sungguh-sungguh,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan Kadis Perpustakaan dan Arsip Ir. I Wayan Sukiastana, Kabid Pembinaan Arsip Provinsi Sulut Selly Mengko, Kasi Akuisisi, Inventarisasi Pengolahan Arsip Provinsi Sulut Heidy Iroth serta para peserta Bimtek.(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here