Bupati Bolmong: APBDes Harus Akomodir Honor Pengajar Santri

0
155
Bupati Bolmong: APBDes Harus Akomodir Honor Pengajar Santri
Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, saat menyampaikan kata sambutan mengenai Honor Pengajar Santri/Foto: hms Bolmong

BOLMORA.COM, BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow meminta agar Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) bisa mengakomodir honor dari para pengajar santri.

“Beberapa waktu lalu saya telah menanda tangani peraturan bupati agar semua sangadi yang ada TPA atau TPW yang guru gurunya belum mendapatkan honor baik dari Kementerian maupun Pemda, harus dianggarkan di APBDes,” ungkap Bupati dalam sambutannya pada saat wisuda ribuan santri di Kabupaten Bolmong, Kamis (04/04) yang digelar di halaman Kantor Bupati Bolmong.

Ia pun mengungkapkan, hal tersebut sudah disiratkan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian Desa pada penyusunan APBDes. “Dimana dalam Juknis tersebut anggaran desa tidak hanya difokuskan pada infrastruktur saja, tetapi juga harus memperhatikan faktor pemberdayaan,” katanya

Ia juga mengatakan, kalau TPA dan TPQ tersebut merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat.

“Saya sudah panggil Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk segera melaksanakan.  Saya meminta kepada Kementerian Agama untuk mendata TPA TPQ mana saja yang guru gurunya belum mendapatkam honor untuk dimasukkan ke PMD agar supaya kepala desanya dipanggil untuk dinggarkan,” tuturnya. (Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here