Resmi Buka STQ-H ke-Vll Tahun 2021, Bupati Berharap Peserta Lebih Meningkatkan Kualitas Keagamaan di Kabupaten Bolmut

0
44
Resmi Buka STQ-H ke-Vll Tahun 2021, Bupati Berharap Peserta Lebih Meningkatkan Kualitas Keagamaan di Kabupaten Bolmut
Bupati Depri Pontoh saat membuka secara resmi kegiatanSTQ-H ke-VII tahun 2021 tingkat Kabupaten Bolmut
Advertisement

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Kegiatan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQ-H) ke-Vll tingkat Kabupaten Bolmut Tahun 2021 resmi dibuka Senin (15/03/2021).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali yang dirangkaikan dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah ini, dibuka secara langsung oleh Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, yang bertempat di Halaman SMP Negeri 1 Bintauna.

Bupati Depri Pontoh saat menyampaikan sambutan

Kegiatan diawali dengan ceramah agama oleh Ustadz Abdul Rahman Bata, S.Pdi, juga dilakukan pelantikan Dewan Hakim Pelaksanaan STQ-H oleh Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Bolmut, yang diwakili Abdullah Diu, S.Ag.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa penyelenggaraan STQ-H ke-VII tingkat Kabupaten Bolmut memiliki peran sangat peting dan strategis. Hal ini sudah tentu sebagai wujud perhatian dan kepudilan umat muslim terhadap aktivitas syiar Islam, dalam upaya membangun kehidupan yang religius dalam format masyarakat qurani.

Karena itu, selaku pribadi dan atas nama pemerintah daerah Kabupaten Bolmut, bupati pilihan masyarakat Bolmutdi periode kedua ini menyapaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya, atas pelaksanaan STQ-H ke-VII.

Dikatakan, hal ini merupakan komitmen, dedikasi dan segala ikhtiar yang telah diberikan para alim ulama, qori qoriah, hafizh hafizah, serta seluruh pesrta STQ-H.

Pembukaan STQ-H saat berlangsung

Bupati berharap agar para peserta dapat lebih meningkatkan kualitas keagamaan, mental dan spritual umat Islam di Kabupaten Bolmut. Yang mana, kehadiran para peserta juga turut membentuk kehidupan masyarakat yang cinta akan Alquran, yaitu masyarakat yang makin menguasai ilmu pengatahuan dan teknologi, berinovasai, berkreasi, bekerja keras memiliki nilai-nilai perbedaan yang luhur, dan menjunjung tinggi kerukunan di tengah kemajemukan yang ada saat ini.

Disampaikan pula, penyelengaraan STQ-H yang mengangkat tema ‘Kita Bangun Solidaritas dan Sinergitas dalam Membangun Daerah dengan Mengimplementasikan Nilai-nilai Alquran Secara Universal Menuju Bolmut yang Religius dan Bermartabat’, merupakan wujud nyata keseriusan dan kepedulian seluruh elemen yang terlibat langsung terhadap pengembangan agama Islam, terutama dalam pembinaan generasi qurani sebagai barometer terhadap kinerja yang telah dilakukan, dalam membina qori’ dan qori’ah, serta menghasilkan hafiz dan hafizah yang berprestasi di Kabupaten Bolmut.

Tampak para kafilah peserta STQ-H

Mengakhiri sambutan, bupati menitipkan pesan dan memberikan kepercayaan penuh kepada para dewan juri serta panitia, untuk bekerja secara profesional serta bertanggung jawab. Karena dalam STQ-H ini, bukan hanya sekadar mencari bibit-bibit yang akan mewakili Kabupaten Bolmut di tingkat provinsi, tapi juga merupakan ajang untuk mengetahui sampai di mana penguasaan serta pengalaman akan aqidah yang terkandung di dalam Alquran, serta untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, yang nantinya akan membawa kemaslahtan umat di Kabupaten Bolmut.

Adapun STQ-H ke-Vil tingkat Kabupaten Bolmut ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan, mulai tanggal 15 sampai dengan 17 Maret 2021, dan diikuti oleh enam kafilah yang merupakan peserta terbaik dari masing-masing kecamatan. Di antaranya Kecamatan Pinogaluman 6 orang, Kecamatan Kaidipang 5 orang, Kecamatan Bolangitang Barat 6 orang, Kecamatan Bolangitang Timur 6 orang, Kecamatan Bintauna 6, dan Kecamatan Sangkub 3 orang, dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 32. Pun, setiap khafilah didampingi masing-masing 2 orang official.

Turut hadir pada kesempatan tersbut, Wakil Bupati Bolmut Drs. Amin Lasena, M.AP, Kapolres Bolmut, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut, Kepala Pengadilan Agama Boroko, Pimpinan dan anggota DPRD Bolmut, Sekertaris Daerah DR. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, para staf ahli bupati, para asisten, Kepala Kantor Kementrian Agama Bolmut atau yang mewakili, Ketua LPTQ Bolmut, pimpinan perangkat daerah, Ketua MUI Bolmut, Pejabat TNI/Polri, pimpinan organisasi agama, tokoh adat, para camat dan sangadi, serta para pesrta kafilah.

(Advertotial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here