Pemkab Bolmut Siapkan Rp3.5 Milar untuk Penanganan dan Pencegahan Penularan Covid-19

0
159
Bupati Bolmut Depri Pontoh saat pimpin rapat koordinasi penanganan covid -19

BOLMORA.COM, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menyiapkan anggaran sebesar Rp3,5 miliar, untuk penanganan dan pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Asripan Nani, usai rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan Covid-19 di kantor bupati, Senin (23/3/2020).

“Ada pergeseran anggaran Rp3,5 miliar untuk penanganan Covid-19. Insha Allah, minggu ini anggaran itu sudah bisa digunakan,” katanya.

Anggaran besar yang disiapkan itu merupakan salah satu bukti keseriusan Pemkab dalam menangani Covid-19 di wilayah Kabupaten Bolmut. Selain anggaran, ada berbagai kebijakan lainnya yang juga telah diambil dan diberlakukan, seperti meliburkan sekolah, memberlakukan work from home atau kerja dari rumah bagi ASN, dan lainnya.

Selain itu, Bupati Drs Hi Depri Pontoh, juga telah mengeluarkan 11 imbauan mengenai pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu;

1. Mengimbau seluruh masyarakat untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meminimalisir terjangkitnya wabah.

2. Mengimbau masyarakat untuk menghindari tempat yang terlalu ramai dan beresiko

3. Menunda kegiatan yang menimbulkan banyak dan berkumpulnya massa.

4. Mengimbau masyarakat untuk saling memberi informasi kepada petugas kesehatan segera  mungkin, jika ada masyarakat yang baru pulang dari bepergian ke negara atau daerah terjangkit ataupun terpapar pasien yang baru bepergian ke daerah terjangkit.

5. Mengimbau  para pegawai dan masyarakat  menjaga kesehatan diri pribadi dan lingkungan serta keluarga dengan mengkonsumsi makanan bergizi, buah-buahan, suplemen/vitamin dan obat-obatan tradisional.

6. Menghindari kontak fisik dalam pergaulan sehari-hari termasuk pada saat bersalaman.

7. Mengimbau agar seluruh kantor, Satuan pendidikan, dan unit pelayanan lainnya  untuk menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan alkohol pembersih tangan serta mewajibkan Pegawai yang sakit untuk menggunakan masker.

8. Mengoptimalkan peran usaha kesehatan sekolah (UKS) dengan berkordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan setempat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19.

9. Memberikan izin dan tidak memberlakukan hukuman/sanksi pada warga satuan pendidikan yang sakit.

10. Kepada seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah secara berjenjang untuk tidak melaksanakan kegiatan perjalanan dinas  keluar daerah dalam provinsi dan luar provinsi lebih khusus di daerah yang terjangkit sampai batas waktu yang akan ditentukan.

11. Melaporkan pelaksanaan himbauan ini secara berkala dan berjenjang kepada Bupati Bolmong Utara.

Diketahui, langkah-langkah strategis tersebut tertuang dalam surat edaran Bupati Bolmut Nomor : 440/469/SETDAKAB.DINKES tentang kewaspadaan dan respon terhadap penularan Covid-19 di Kabupaten Bolmut.

Selain itu, bupati juga menyampaikan belum ada ASN yang melaksanakan tugas luar. Diharapkan perhatian dan keseriusan bersama dalam kewaspadaan penularan wabah Covid-19.

(Awall)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here