Komunitas Adat Hulu Ongkag Tanoyan Bersatu Tanam 1.000 Pohon di Pegunungan Potolo

0
AMAN Tanoyan Bersatu Canangkan Penanaman 1.000 Pohon di Pegunungan Potolo
Pencanangan penanaman 1.000 pohon di pegunungan Potolo

BOLMORA.COM, BOLMONG – Komunitas Adat Hulu Ongkag Tanoyan Bersatu mencanangkan gerakan penanaman 1.000 pohon untuk penghijauan kembali hutan yang sudah rusak di pegunugan Potolo, yang berada di wilayah Desa Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Pencanangan gerakan penanaman 1.000 pohon yang digelar Senin (22/2/2021), dipimpin oleh Panglima Brigade Aliansi Masyarakat Adat Nuasantara (AMAN) Bolmonga Raya Hi. Mas’ud Lauma, S.E.

Pantauan awak media di lokasi, sejumlah masyarakat dan anggota Komunitas Adat Hulu Ongkag langsung bergerak menuju titik sasaran di area pegunungan Potolo.

Menurut Hi. Mas’ud Lauma, sebagai organisasi masyarakat yang independen, Komunitas Adat Hulu Ongkag memiliki kedaulatan atas kekayaan alam serta tanah, termasuk bertanggung jawab dengan kelestarian hutan di wilayah lokal.

“Sangat prihatin melihat kondisi pegunungan Potolo. Ini tak boleh terus terjadi dan harus ada tindakan penyelamatan. Karena sudah sangat terlihat kerusakan hutan yang terjadi secara masiv disebabkan aktivitas penambangan emas yang tak berizin dan menggunakan alat berat,” ujarnya.

Pihaknya berharap agar pemerintah daerah bersama aparat penegak hukum di Kabupaten Bolmong agar segera menertibkan aktivitas penambangan ilegal tersebut, untuk menyelamatkan lingkungan dan hutan lindung dari ancaman kerusakan.

“Kita berharap adanya penertiban terhadap tambang ilegal yang ada di pegunungan Potolo. Artinya tidak ada lagi aktivitas,” kata Mas’ud.

(Hendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here