Pemkab Bolmong Hentikan Santunan Rp 15 Juta Bagi Korban Covid, Ini Alasannya

0
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bolmong Abdul Haris Bambela

BOLMORA.COM, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) akhirnya memberhentikan sementara pemberian santunan bagi warga yang meninggal karena Covid-19.

Sebelumnya, Pemkab Bolmong melalui Dinas Sosial (Dinsos) Bolmong memberikan santunan kepada ahli waris sebesar Rp 15 juta per jiwa.

Namun, setelah adanya edaran baru dari Kementerian Sosial RI, nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tertanggal 18 Februari 2021, perihal rekomendasi dan santunan ahli waris, korban meninggal akibat Covid-19, yang ditujukan kepada kepala dinsos provinsi seluruh Indonesia.

Diketahui tahun anggaran 2021 tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 bagi ahli waris pada Kementerian Sosial RI, sehingga terkait dengan rekomendasi dan usulan yang disampaikan oleh dinsos provinsi/kabupaten/kota sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti.

Ditemui Kepala Dinsos Bolmong Abdul Haris Bambela mengatakan, berdasarkan surat edaran menteri tertanggal 18 Februari tersebut, Dinsos kabupaten/kota tidak lagi mengirim rekomendasi penerima santunan Covid-19 ke Kementerian Sosial RI.

 “Surat tertanggal 18 Februari tersebut meralat surat edaran tertanggal 3 Februari 202 yaitu Dinsos kabupaten/kota mengirim data penerima santunan Covid-19. Karena tahun ini tidak dianggarkan lagi perihal santunan yang meninggal karena Covid-19,” ujar Haris.

Meski begitu kata Haris, bantuan akan diusulkan melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam hal ini Dinas Sosial provinsi. 

“Jadi masih menunggu informasi dari Dinsos Sulut ya, kalau sudah ada kepastian akan diinfokan,” jelas dia.

Sebelumnya, di Bolmong pihaknya baru menerima satu berkas permohonan dari ahli waris korban Covid-19. 

Sebagai informasi, data dari satgas Covid-19 per 20 Februari 2021, pukul 15.00 Wita, tercatat 374 kasus konfirmasi positif Covid-19 dengan rincian, 121 kasus positif atau dirawat, 238 sembuh dan 15 total meninggal dunia.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here