Bolmong

Musrenbang Tingkat Kecamatan di Bolmong Dimulai

BOLMORA.COM, BOLMONG – Pemkab Bolmong melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun anggaran 2022. Seperti halnya Musrenbang yang dilaksanakan di Kecamatan Passi Barat, yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Tahlis Gallang.

Dalam sambutannya Tahlis mengatakan, Musrenbang tingkat kecamatan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang dilakukan dari tingkat desa.

“Musrenbang ini bertujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas, atau bottom-up,” ucap Tahlis.

Dikatakan, dengan adanya Musrenbang tingkat kecamatan, diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan.

“Sehingga, dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Bolmong khususnya yang ada di Kecamatan Passi Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Bolmong Yarlis Awaludin Hatam menyampaikan bahwa, Musrenbang tingkat kecamatan ini usulannya dilakukan dari tingkat desa dan akan dilakukan verifikasi terkait dengan kelayakan usulan, baik secara teknis maupun jenis kewenangan. Yang mana, verifikasi pada Musrenbang tingkat kecamatan dilakukan oleh masing-masing perangkat daerah terkait, yang berada di tingkat kecamatan. Dia mencontohkan, Dinas Pekerjaan Umum, penyuluh pertanian, koordinator wilayah pendidikan, UPTD Kesehatan/Puskesmas, dan lain sebagainya.

“Dari proses verifikasi tersebut, akan dihasilkan daftar usulan kegiatan yang selanjutnya dibawa ke proses selanjutnya, yaitu Forum Perangkat Daerah guna dilakukan sinkronisasi dan verifikasi kelayakan secara lebih lanjut,” paparYarlis.

Ia berharap, penginputan hasil Musrenbang tidak ada kendala.

“Semoga semua tak ada kendala,” tutupnya.

(Agung)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button